Kemendagri Terkesima Dengan Kerukunan Umat Beragama Kampung Sawah

kampung sawahPONDOKMELATI – Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri David Yama terkesima dengan kerukunan ummat beragama di Kampung Sawah, Kelurahan Jatimurni, Kota Bekasi. Ia memberikan apresiasi kepada warga yang bsa menjalin kebersamaan dan toleransi ditengah keberagaman.

Ia mengusulkan Kampung Sawah, Kota Bekasi, sebagai kawasan percontohan kerukunan umat beragama. Menurut Yama, kerukunan umat beragama yang terjalin di antara warga Kampung Sawah menjadi poin penting.

“Kerukunan yang sudah terbentuk layaknya catatan sejarah ini, menjadi poin plus penilaian karena bisa terjaga eksistensinya hingga sekarang. Pola-pola kerukunan seperti ini yang harus diangkat di skala lebih luas,” kata David Yama, Senin (1/8).

Ia memberikan apresia atas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kampung Sawah dengan mengedepankan konsep kerukunan. Salah satunya ialah penyelenggaraan dialog kerukunan yang digelar perwakilan warga dari lintas agama dalam rangka membahas kondisi aktual yang tengah terjadi di lingkungannya hingga pencarian solusi untuk penanganan masalah tersebut. Pelaksanaan dialog tersebut tidak digelar oleh lembaga formal, melainkan forum informal yang tetap rutin diselenggarakan.

Untuk mendukung agenda program kerukunan tar ummat beragama di Kampung Sawah, warga setempat membangun radio berbasis komunitas. Radio tersebut menginformasikan berita-berita terkait warga juga sosialisasi program-program pemerintah. Radio ini juga kerap menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan. (Jos)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini