Ini Alasan Jemaah Haji Ditolak Berangkat Menurut Menteri Agama

Ilustrasi calon jemaah haji
Ilustrasi calon jemaah haji

PONDOKGEDE – Persoalan visa yang belum selesai kerap kali dikatakan sebagai alasan ditolaknya keberangkatan jemaah haji ke Madinah. Namun, Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifudin, menampik anggapan tersebut dengan mengatakan bahwa persoalan visa sesungguhnya sudah selesai semua.

“Tidak ada calon jemaah haji yang tidak bisa berangkat karena visa. Karena persoalan visa sudah selesai,” kata Lukman, Jumat (19/08).

Ia mengatakan, terdapat total 155.200 jemaah haji reguler dibagi dalam dua gelombang. Visa untuk jemaah gelombang satu sudah selesai 100 persen, sementara gelombang dua masih masih diproses karena prioritas gelombang satu harus selesai lebih dulu.

“Masalah muncul ketika ada gelombang dua ingin pindah ke gelombang satu dengan alasan keluarganya atau pembimbingnya ada di sana (gelombang satu). Tapi kan visanya dia yang di gelombang dua belum selesai,” papar dia.

Kebanyakan dari kasus tersebut, kata Lukman, jemaah haji yang ditolak karena tidak memiliki visa mengatakan, kalau alasan mereka tidak bisa brangkat karena visa belum juga selesai.

“Betul visa belum selesai, tapi bukan karena itu ditolak keberangkatannya. Melainkan karena memang seharusnya dia berangkat pada gelombang dua. Makanya jangan pindah-pindah kloter. Namun untuk saat ini alhamdulillah proses visa sudah selesai semua,” paparnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini