Tinjauan ke Penampungan, Ahmad Syaikhu Pastikan Hewan Qurban Sehat dan Aman

Ahmad Syaikhu memastikan hewan kurban amanBEKASI TIMUR – Guna memastikan hewan kurban aman dan layak konsumsi, Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu, melakukan tinjauan langsung ke penampungan hewan kurban, di lokasi Underpass Bekasi Timur, Senin siang (05/09) dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perwakilan Rakyat (Dispera) Kota Bekasi.

“Kami lakukan tinjauan ini berharap nantinya warga lebih tenang untuk beribadah kurban,” kata Ahmad Syaikhu.

Dengan dibantu petugas, Wakil Wali Kota memeriksa suhu tubuh salah satu domba yang ada di lokasi penampungan ini. Selain itu, dirinya juga mengecek kriteria hewan sehat, yaitu asuh (aman, sehat, utuh dan halal), cukup umur, serta tidak cacat.

“Setelah mengecek secara acak kondisi hewan kurban barusan, saya menyatakan hewan kurban di lokasi ini layak untuk dikurbankan. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir untuk melakukan ibadah qurban di Kota Bekasi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, ada lima jenis hewan yang bisa dikurban yaitu domba, kambing, sapi, unta, dan kerbau. Untuk wilayah Bekasi, jenis sapi dan domba dari daerah Bali dan NTB banyak ditampung untuk diperjualbelikan.

Sementara itu, Kepala Dispera Kota Bekasi, Abdul Iman, mengatakan para petugas pemeriksa hewan kurban bertugas mulai hari ini, Senin, (05/09) hingga H+3 Lebaran Idul Adha 1437 H.

“Tadi pagi saat apel, Pak Wali Kota telah menugaskan petugas dan dokter dalam pemeriksaan hewan qurban. Dengan begitu, Dispera bersama para petugas pemeriksa hewan kurban mulai hari ini hingga H+3 lebaran secara tersebar di dua belas Kecamatan. Nanti ketika hari kurban para petugas ini juga akan ikut mengawasi proses pemotongan,” katanya.

Pengecekan hewan kurbanLanjut dia, Dispera Kota Bekasi juga menyediakan posko aduan dan hotline untuk masyarakat terkait qurban Idul Adha 1437 Hijriah di no 085817151180.

“Kami akan segera merespon bila ada aduan. Dokter maupun petugas akan langsung datang ke lokasi,” tuturnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini