Ingin Jadi Agen Mata-Mata CIA? Jalani Tes Ini Dulu

ciaCentral Intelligence Agency (CIA), merupakan salah satu agen mata-mata yang cukup punya nama di Amerika Serikat. Untuk menjadi agen di sana, tentu persyaratan utamanya adalah warga negara Amerika Serikat. Namun bagi anda yang tertarik ingin bergabung, tidak perlu merasa kecewa, karena CIA menyediakan perekrutan untuk warga negara yang lain untuk menjadi agen bayaran.

Sama seperti melamar di suatu perusahaan, tentu mereka punya suatu tes yang harus dilewati oleh para calon agen. Syarat utamanya adalah, jangan pernah menyembunyikan seluruh informasi dari CIA. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Wakil Direktur Sumber Daya Manusia di CIA, Ronald S. Patrick.

“Jangan pernah menyembunyikan informasi apapun dari kami,” kata Ronald S. Patrick, seperti yang dikutip dari liputan6.com dalam New York Times, Jumat (09/09).

Lembaga mata-mata ini sendiri menerima lebih dari 15.000 lamaran tiap tahunnya.

Jika para pelamar sudah mendapat panggilan, maka mereka selama berbulan-bulan akan dicek keamanannya, termasuk latar belakang mereka. Dan untuk berhasil dari pengecekan ini, mereka harus tidak pernah berhubungan dengan musuh dari Amerika Serikat, juga harus terbebas dari narkoba. Meski begitu, sebenarnya penilaiannya termasuk kejujuran para agen ini.

Untuk urusan obat bius, para pelamar wajib jujur mengisi formulir tentang penggunaan narkoba.

“Tulis sejujurnya. Kami tak berharap mereka kaget, pun tak berharap kalian bersih-bersih amat,” tutur Ronald.

Mereka bahkan berharap bahwa calon agennya ini merupakan orang yang pernah menikmati hidupnya. Artinya mereka pernah melakukan sesuatu yang nakal. Justru dari situlah tim CIA akan menilai bahwa calon agen ini dapat membuat keputusan yang baik atau yang buruk, dna mereka juga telah melewati masa kedewasaan.

“Kami justru berharap, anda pernah nakal, pernah menikmati hidup, bisa latihan bagaimana membuat keputusan baik dan buruk, melewati masa kedewasaan dan berbuat salah,” ujarnya.

Selain itu, para calon mata-mata diharapkan tak bermasalah dalam keuangan.

“Alasan pertama menjadi mata-mata AS adalah masalah keuangan,” kata Patrick.

CIA melihat sejarah kredit buruk dan utang bertumpuk sebagai potensi untuk ditelisik lebih jauh. Bersiaplah untuk dimata-matai.

Para penyidik akan datang ke kota anda, berjalan di jalanan yang biasa anda lewati, berbicara dengan mantan kolega, mantan teman sekamar, dan tetangga. Mereka mencari daftar orang yang tak anda cantumkan di referensi, terutama mereka yang tak menyukai anda.

“Aku telah melalui berbagai informasi,” kata Ronald yang juga mantan penyidik latar belakang.

Ronald menjelaskan bahwa calon agen haruslah menceritakan segala sesuatunya tanpa ada yang harus ditutup-tutupi. Meski pada kenyataannya hal yang ingin disampaikan adalah hal yang memalukan.

“Ceritakan segalanya pada kami. Mungkin akan memalukan, atau sesuatu yang ingin anda lupakan di masa lalu, ceritakan,” ujarnya.

Dan yang terakhir, para kandidat wajib tes kebohongan polygraph.

“Mungkin anda punya kesempatan untuk menyembunyikan rahasia, namun, dengan tes kebohongan, anda akan sulit berkelit,” tutur Ronald.

Jadi bagaimana menurut anda tes untuk menjadi agen di CIA ini? (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini