Parkir Jauh, JPO Dekat Pemkot Bekasi Bakal Diperpanjang?

jpoBEKASI SELATAN – Lokasi parkir area Pemerintah Kota Bekasi yang belum lama ini dipindahkan ke stadion Bekasi, banyak dikeluhkan warga. Hal ini disebabkan jauhnya jarak Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dari lokasi parkir maupun Pemkot Bekasi.

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, mengaku akan segera berkoordinasi dengan DPPPJU untuk memanjangkan JPO yang letaknya sekitar 50 meter dari lokasi parkir.

“Sedang kami upayakan, mungkin kedepan JPO yang ada itu akan dipanjangkan, sehingga saat keluar dari pintu parkir itu bisa langsung naik tangga,” ujar Yayan.

Sementara apabila JPO dipindahkan, kata dia, maka perlu alokasi anggaran khusus, selain itu, jarak lebar jalan di lokasi berdiri JPO saat ini pun tidak sama besar apabila digeser ke depan stadion, sehingga tidak memungkinkan.

“Maka lebih baik kami panjangkan saja tangganya,” imbuh Yayan.

Menurutnya, keadaan lokasi parkir kendaraan yang terletak di gedung parkir stadion memang mengharuskan masyarakat untuk menyebrang. Namun, kebanyakan masyarakat justru masih memilih menyebrang langsung ke Jalan Protokol.

“Nah inilah kadang budaya masyarakat kita, termasuk aparatur yang mungkin masih mager (males gerak). Seharusnya lewat JPO, tapi malah lewat bawah,” katanya.

Padahal, lanjut dia, Pemkot Bekasi melalui Sekda sudah perintahkan aparatur yang menggunakan gedung parkir dan mau ke gedung wali kota atau sebaliknya harus menggunakan JPO.

“Maka itu, untuk antisipasi, kami buatkan zebra cross lebih dulu. Jadi yang tidak mau lewat JPO bisa lewat zebra cross. Bahkan ada petugas Dishub nganter dibantu Satpol PP. Cuma kondisinya karena ini jalan utama, kendaraan di sana padat,” papar dia.

Kedepan, ia merencanakan akan mengusulkan untuk pembangunan jalan bawah tanah khusus untuk penyebrangan masyarakat yang hendak parkir tersebut.

“Jangka panjang akan dibangun jalan bawah tanah. Itu sudah menjadi wacana Kota Bekasi untuk membangun hal tersebut. Karena kalau untuk keselamatan penyebrang itu pasti jadi prioritas kita. Baik Dishub maupun Satpol pp,” ujarnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini