Pohon Geulis di SMPN 5 Bekasi, Pacu Para Siswa Giat Membaca

pohon-geulisBEKASI UTARA – Semenjak program literasi digulirkan di SMPN 5 Bekasi, banyak siswanya yang berlomba untuk membaca berbagai macam buku bacaan untuk menambah wawasan.

Euis Siti Halimah, Kepala SMPN 5 Bekasi, menuturkan program literasi yang sudah berjalan di sekolahnya ini terus menghadirkan sebuah semangat bagi para siswanya agar terus membaca.

“Salah satunya dengan keberadaan pohon geulis di sekolah kami yang menambah semangat siswa untuk membaca,” tuturnya kepada infobekasi.co.id, Rabu (02/11).

Melalui pohon geulis ini, Euis mengatakan, nantinya siswa yang sudah membaca buku dan mempresentasikannya di depan teman-teman dan guru di kelasnya, bisa menempelkan satu buah daun yang berisikan data diri dan keterangan mengenai buku yang sudah dipresentasikannya tersebut.

“Jadi siswa yang sudah membaca dan mempresentasikannya bisa menempelkannya di pohon geulis tersebut,” kata dia.

Dengan bantuan guru Bahasa Indonesia dan wali kelas, nantinya mereka akan mendata setiap siswa yang sudah melakukan presentasi tersebut.

“Guru Bahasa Indonesia dan wali kelas juga membantu kami memantau siswanya,” tuturnya.

Untuk bisa melakukan presentasi,  dikatakan oleh Euis, setiap Jumat, tepat pada pukul 06.45 WIB, para siswa wajib membaca buku bacaan yang sudah ditentukan sekolah, atau mereka sendiri yang memilih buku bacaannya.

“Setiap Jumat pagi sebelum jam pelajaran dimulai, siswa sudah melakukan aktivitas membaca,” kata dia.

Sementara itu, Maman, selaku kepala urusan tata usaha SMPN 5 Bekasi mengatakan, dengan adanya pohon geulis ini, siswa SMPN 5 Bekasi menjadi termotivasi untuk terus membaca buku.

Sehingga dengan begitu, program literasi di SMPN 5 Bekasi bisa berjalan dengan baik dan menjadikan budaya membaca sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari.

“Keberadaan pohon geulis ini mampu memacu siswa untuk terus membaca dan menjadikannya sebuah budaya membaca setiap harinya,” ucapnya. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini