Samsat Berlakukan Pembebasan Denda Pajak dan Balik Nama Hingga 24 Desember 2016

kepala-seksi-pendataan-dan-penetapan-cabang-pelayanan-dispenda-provinsi-jawa-barat-wilayah-kota-bekasi-fajar-ginanjar
Fajar Ginanjar

BEKASI SELATAN – Hingga 24 Desember 2016 nanti, samsat Kota Bekasi masih memberlakukan kebijakan pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan cabang pelayanan Dispenda Provinsi Jawa Barat wilayah Kota Bekasi, Fajar Ginanjar, saat ditemui infobekasi.co.id di kantor Samsat Kota Bekasi menjelaskan bahwa nantinya wajib pajak yang memiliki beban pajak hanya perlu membayar biaya pokok saja, tanpa perlu membayar dendanya.

“Hanya bayar pokok saja dendanya enggak. Kalau untuk yang balik nama kendaraan, tidak akan dipungut biaya balik namanya. Biasanya kan biayanya 1 persen dari harga motor atau mobil. Sekarang nggak perlu,” ujarnya, Rabu (09/11).

Kebijakan yang mulai diberlakukan sejak 17 Oktober lalu ini, kata Fajar, bertujuan untuk menertibkan registrasi identifikasi kendaraan yang dibaliknamakan serta meningkatkan PAD dari sektor kendaraan bermotor.

“Dari yang tadinya males bayar, karena dendanya mahal, kan ini jadi kesempatan bagus buat mereka,” kata dia.

Sejauh ini, respon masyarakat dalam kebijakan penghapusan sanksi administratif ini sangat baik. Bahkan, Fajar mengungkap bahwa sejak diberlakukan, kenaikan jumlah pengurus pajak di kantor samsat bisa meningkat antara 30 hingga 40 persen dibanding sebelumnya.

Ia juga menyebutkan, bahwa sejauh ini banyaknya wajib pajak yang menunggak ialah sekitar 30 persen dari potensi pajak, yaitu sekitar 300 ribuan.

“Banyak kendala ditemukan itu kan masyarakat terbentur mau bayar pajak tapi nggak ada KTP pemilik asli karena belinya second. Nah kami arahkan untuk balik nama dahulu. Kan bebas biaya juga,” ujarnya.

Untuk persyaratan balik nama, Fajar menyebutkan bahwa pemilik kendaraan bermotor hanya perlu melampirkan BPKB, STNK, notice pajak terakhir, dan foto copy KTP yang akan dibaliknamakan. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini