Kepala Disdik Kota Bekasi : Guru Honorer SMA SMK Akan Dibayar Per Jam

AlexanderBEKASI TIMUR – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Alexander Zulkarnain, membenarkan bahwa rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membayar gaji guru honorer di tingkat SMA dan SMK adalah per jam.

Kepada infobekasi.co.id, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/12), Alex mengatakan bahwa untuk guru honorer di tingkat SMA dan SMK upahnya akan dibayar sesuai dengan jam mengajar mereka di dalam kelas.

“Guru honorer atau guru tidak tetap di Kota Bekasi yang sudah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi rencananya akan dibayar per jam atau selama guru tersebut mengajar di dalam kelas,” katanya.

Alex menekankan, setelah adanya proses peralihan tata kelola kewenangan SMA SMK dari kota atau kabupaten, maka gaji guru yang berstatus honorer rencananya akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi.

“Rencananya seperti itu, hanya saja saya belum mendapatkan kabar kapan kepastian tersebut,” ujar dia menambahkan.

Sedangkan untuk besarannya, Alex mengatakan Rp75 ribu per jamnya setiap harinya.

Meskipun demikian, ia mengakui bahwa besaran gaji yang diterima para guru honorer di tingkat SMA SMK tersebut per bulannya akan berbeda dengan yang mereka terima ketika status SMA SMK masih dikelola oleh Kota Bekasi.

“Besaran per bulannya jika diakumulasikan maka akan berbeda, jika dulu mereka bisa menerima sekitar Rp 2 juta lebih, maka nantinya mereka akan menerima Rp 1,8 juta lebih, dan kepastiannya pun masih menunggu kejelasan dari Pemerintah Provinsi,” ucap Alex.

Sebelum ditarik ke Provinsi Jawa Barat, Disdik Kota Bekasi sebenarnya sudah menganggarkan alokasi khusus untuk membayar gaji para guru honorer di tingkat SMA SMK tersebut melalui APBD Kota Bekasi.

“Sudah alokasi yang dianggarkan untuk membayar mereka sebelum ditarik ke provinsi oleh Pemkot Bekasi. Meskipun demikian, hingga saat ini kami masih menunggu kabar kepastian pemberlakuannya,” tutur dia. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini