Cegah Diabetes dengan Cara Islami

Salah satu ajaran Agama Islam yang berkaitan dengan kesehatan yakni, berhenti makan sebelum kenyang. Hal ini dimaksudkan supaya kita terhindar dari penyakit Diabetes Melitus (DM), atau kencing manis. Hal ini dikatakan oleh dr. Ricat H Malik dari RSI Sultan Agung Semarang, Jawa Tengah, dalam sesi dialog kesehatan forum silaturahim majelis taklim di Demak.

“Ada sebuah hadis riwayat Abu Daud yang berbunyi, ‘Kita ini golongan umat yang makan karena sudah lapar, dan apabila makan tidak sampai kenyang,” ujar dia, dalam siaran pers, Rabu (28/12).

Seperti yang dilansir dari republika.co.id, anjuran itu, lanjut Ricat, sudah sesuai dengan prinsip menjaga pola makan yang baik dan jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, atau minyak.

Hadis lain yang menurut dia sudah sesuai dengan prinsip pencegahan diabetes adalah imbauan untuk berolahraga.

“Ada hadis untuk berlatih berenang,” katanya.

Dijelaskan, hadis itu diriwayatkan oleh Thabrani yang isinya, “Segala sesuatu selain zikir kepada Allah adalah sia-sia kecuali empat perkara: berjalannya seseorang antara dua tujuan, melatih kudanya, mencumbu istrinya, dan belajar berenang,” tutur Ricat.

Ia menambahkan, agar semakin sempurna, prinsip pencegahan diabetes juga harus dibarengi dengan kebiasaan cek gula darah secara teratur.

“Langkah ini ditempuh untuk deteksi diabetes sehingga memungkinkan segera ditangani dan meminimalisir terjadi komplikasi,” ujar dia. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini