Jadi Kampung KB, Teluk Buyung Tekan Angka Kematian Ibu Hamil dan Balita

BEKASI UTARA – Sebagai wujud nyata untuk menekan angka kematian ibu hamil dan balita, warga RT 05, RW 07, Kampung Teluk Buyung, Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara, ditunjuk sebagai Kampung KB Kota Bekasi. Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua RT 05, Iman Sueb (59).

Ia mengatakan, awalnya kampung tempat tinggalnya ini ditunjuk sebagai wakil dari Kota Bekasi untuk mengikuti lomba kebersihan wilayah di tingkat Provinsi Jawa Barat beberapa waktu yang lalu. Berkat kekompakan dan kerja sama warga, akhirnya Kampung Teluk Buyung keluar sebagai juara pertama dalam lomba tersebut.

“Awalnya saat kami mengikuti ajang perlombaan di tingkat Provinsi Jawa Barat dan keluar sebagai juara pertama,” tuturnya kepada infobekasi.co.id, Selasa (03/01).

Tak lama berselang, pihak Pemkot Bekasi, melalui dinas terkait menjadikan kampung tersebut sebagai salah satu proyek percobaan untuk Kampung KB di Kota Bekasi.

“Karena prestasi tersebut akhirnya kampung kami dijadikan proyek percobaan Kampung KB di Kota Bekasi,” kata dia.

Dengan diisi berbagai macam kegiatan, mulai dari penyuluhan kesehatan ibu hamil dan balita, program pokok PKK, kebersihan lingkungan, hingga kepada program Keluarga Berencana (KB) bagi setiap keluarga (cukup dua anak), hingga saat ini kegiatan tersebut rutin berjalan.

“Semenjak dijadikan Kampung KB, ada banyak kegiatan yang dilakukan. Dan ini melibatkan semua warga yang ada, khususnya kaum ibu,” ujar Iman yang juga dipercaya sebagai Seksi Keagamaan di Kampung KB tersebut.

Ia berharap kedepannya akan ada banyak lagi Kampung KB di Kota Bekasi, sehingga target utama untuk menekan angka kematian ibu hamil dan balita, bisa terus berjalan dan mampu disinergikan dengan program Pemkot Bekasi.

“Besar harapan kami agar nantinya Kampung KB bisa terus tumbuh dan berkembang di Kota Bekasi dan mampu mencapai targetnya,” tutur dia. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini