Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Remaja Anda!

Masa-masa pubertas mungkin masa paling sulit bagi orangtua untuk menghadapi anak-anak mereka, karena emosi mereka yang masih sulit untuk dikontrol.

Selain masalah emosi, hal lain yang perlu diperhatikan pihak orangtua adalah masalah kepercayaan diri anak remaja mereka. Hal ini tentu juga penting karena menyangkut bagaimana ia dapat bersosialisasi dengan lingkungan.

Seorang Psikolog Remaja, Elizabeth Santosa, mengatakan bahwa sebenarnya kepercayaan diri para remaja dimulai dari kebersihan diri sendiri.

“Untuk membantu remaja dalam menghadapi perubahan psikologis dan fisik yang dapat menghalangi mereka menjadi versi terbaik dirinya, remaja perlu meningkatkan rasa percaya diri salah satunya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta menjaga kebersihan tubuh dan wajah. Remaja yang hidup bersih dan sehat akan tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas dan bertanggung jawab akan dirinya,” tutur Elizabeth.

Sebaliknya, ia berkata bahwa jika seorang remaja saja memiliki tubuh yang bau, maka ia akan merasa minder.

“Membersihkan diri sendiri dari ujung kepala hingga ujung kaki akan menumbuhkan kepercayaan diri dan penampilan. Sebaliknya jika tubuh bau akan menjadi masalah besar, anaknya akan jadi malu,” tambahnya.

Bagaimana cara supaya anda dapat berbicara kepada anak remaja anda mengenai hal ini? Bahasa sangatlah penting. Jadi berkomunikasilah dengan lemah lembut, ajak ia mengobrol santai, hindari berbicara seakan anda menasehati atau mengguruinya. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini