Pentingnya Pelukan Orangtua kepada Anak

Banyak yang menganggap bahwa pelukan orangtua kepada anak bukanlah merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Anggapan seperti ini salah besar, karena pelukan orangtua adalah sesuatu yang sangatlah penting untuk proses pertumbuhan mental yang kuat dan tangguh pada anak.

Menurut Reni Murni, seorang motivator dan trainer nasional, pelukan orangtua kepada anak dapat mengurangi tekanan permasalahan pada si anak, memulihkan dan menstabilkan emosi, dan memengaruhi psikologi anak. Hal ini dikatakannya dalam seminar Orang Tua Cerdas, Anak Berkualitas oleh Persit Kartika Chandra Kirana di Aula Makodam IV/Diponegoro, Semarang, Jumat (16/12/2016).

“Pelukan ayah membuat anak cerdas, merasa dicintai dan dihargai, mandiri dan pemberani. Pelukan ibu membuat anak sabar, lebih empatif, penyayang dan lembut,” katanya.

Baca Juga:  Tips Mengelolah Keuangan Keluarga Di Saat Krisis

Dia mengakui, masih banyak orangtua yang tidak bisa menunjukkan kasih sayang secara verbal kepada anak dan berpendapat bahwa memenuhi kebutuan ekonomi lebih penting daripada kasih sayang.

Padahal, bukti kasih sayang, setidaknya pelukan, sangatlah penting bagi perkembangan emosional anak.

Lantas berapa kali pelukan yang diperlukan anak dari orangtuanya?

Reni memaparkan bahwa empat kali pelukan dalam sehari dapat mengurangi tekanan pada anak dan delapan kali pelukan dapat memulihkan, menenangkan, dan menstabilkan emosi.

Sementara itu, dua belas kali pelukan dalam sehari dapat memengaruhi kondisi psikologis anak menjadi lebih baik.

“Sebuah studi mengatakan, pelukan antara orangtua dapat meningkatkan kecerdasan anak. Merangsang produksi hormon oksitosin,” ujar dia. (Adm)

Baca Juga:  Kedahsyatan Suara Ibu Bagi Anaknya

Comments

comments

BERBAGI