Mau Edit Foto Hanya dengan Perintah Suara? Pakai Aplikasi Ini

Perusahaan-perusahaan teknologi memang sengaja membuat sesuatu yang canggih agar penggunanya menjadi mudah dalam melakukan apa pun. Termasuk yang dilakukan oleh perusahaan pembuat software editing Photoshop saat ini.

Mereka sedang melakukan proyek pembuatan perangkat lunak untuk dijadikan sebagai asisten digital, yang bisa digunakan untuk menerjemahkan suara menjadi perintah mengedit foto. Jadi kelak jika ini sudah selesai, maka anda tidak perlu lagi untuk menghafal tombol-tombol yang digunakan dalam mengedit foto.

Aplikasi ini seperti perangkat lunak Siri, asisten digital dari Apple. Namun bedanya dari Siri, perangkat lunak yang satu ini tentu saja menyesuaikan dengan fungsinya, untuk mengedit foto. Anda bisa memintanya untuk memotong, memutar perspektif, mengatur gelap atau terang dari foto, dan yang lain sebagainya.

Sebagaimana dilansir kompas.com dalam The Verge, Senin (16/01), proses pembuatan konsep ini dikerjakan oleh Adobe Research, divisi penelitian dan pengembangan di bawah Adobe.

Mereka juga sudah membuat sebuah video yang digunakan sebagai proof of concept. Dalam video yang dimaksud, terlihat seorang pria menekan tombol mikrofon di aplikasi pengedit foto.

Berikutnya, pria tersebut cukup bersuara memerintah asisten digital untuk membalik perspektif foto. Dan tanpa sentuhan tangan, perspektif foto tersebut langsung berubah.

Contoh tindakan yang ada di video itu memang masih sederhana. Tapi bayangkan nanti, saat pengembangan sudah selesai dan berbagai proses edit foto yang lebih rumit bisa dikerjakan secara otomatis oleh asisten digital. Tentu hasilnya bisa jadi sangat mengagumkan.

Konsep dan video yang dipamerkan oleh Adobe ini merupakan langkah pertama untuk mewujudkan asisten digital itu. Tentu saja perwujudannya nanti masih belum jelas dan butuh waktu panjang.

Konsep itu bisa juga gagal, namun bukan tidak mungkin terwujud. Pengguna cukup menunggu saja hingga pengumuman berikutnya. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini