Hemat Kertas, Pemilihan Ketua OSIS SMKN 1 Bekasi Dilakukan Secara Online

BEKASI BARAT – Untuk menghemat penggunaan kertas pada saat pemilihan calon ketua OSIS di sekolahnya, SMKN 1 Kota Bekasi selenggarakan pemilihan ketua OSIS periode 2017-2018 secara online. Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Bekasi, I Made Supriatna, Selasa (17/01).

“Kami memang melakukan pemilihannya secara online, dan hal ini sebagai langkah untuk mengurangi penggunaan kertas,” tuturnya kepada infobekasi.co.id.

Sambung Made, pemilihan secara online yang baru kali pertama dilakukan tersebut merupakan salah satu proses mengedukasi para siswa untuk bisa mengurangi penggunaan kertas, guna menjaga kondisi lingkungan tetap terjaga serta memudahkan proses perhitungan.

“Ada kampanye pelestarian lingkungan (Go Green) yang diusung sekolah,” tambah dia.

Dengan proses pemilihan menyerupai pemilu, para siswa nantinya berhak memilih dengan melakukan proses login menggunakan Nomor Induk Siswa (NIS). Kemudian para siswa nantinya wajib mengisi user name dan password yang sudah mereka miliki untuk bisa mengikuti proses pemilihannya, dan untuk menghindari pemilih ganda, setiap siswa yang sudah menggunakan hak pilihnya, nantinya akan mencelupkan salah satu jarinya ke dalam tinta.

“Mereka nantinya harus login menggunakan NIS yang mereka miliki ditambah user name dan password yang sudah diberikan, dan pihak sekolah juga menyediakan lima unit laptop,” ucapnya.

Sedangkan untuk aplikasi online-nya, pihak sekolah mempercayakan kepada para siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 1 Bekasi.

“Aplikasinya dari para siswa jurusan RPL. Mereka yang membuatnya,” tutur Made.

Sementara itu, salah seorang kandidat calon ketua OSIS SMKN 1 Bekasi periode 2017-2018, Enes Oryza Sativa, siswa kelas 11 jurusan Akuntansi, menuturkan cukup gelisah menunggu hasil perhitungan suara yang akan dilakukan setelah bada zhuhur.

Ia mengatakan, untuk maju menjadi calon ketua OSIS SMKN 1 Bekasi, para calon wajib mengikuti proses rekruitmen, tes tertulis, wawancara, dan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

“Setelah semua proses tersebut diikuti, muncullah tiga calon kandidat ketua OSIS SMKN 1 Bekasi, termasuk saya,” ujarnya.

Muhammad Hatta, siswa kelas 10 jurusan Teknik Pengelasan SMKN 1 Bekasi, mengaku cukup antusias mengikuti proses pemilihan ketua OSIS secara online di sekolahnya.

“Sangat tertarik untuk diikuti, karena dulu pemilihan ketua OSIS dengan surat suara, tapi sekarang secara online,” ujar dia. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini