10 Badai Terdahsyat Sepanjang Sejarah

Bencana alam memang tidak dapat dihindari, dan tentu efek yang ditimbulkan banyak. Mulai dari kerusakan materi hingga kematian seseorang.

Salah satu bencana alam yakni badai. Badai merupakan bencana angin besar, terjadinya hujan deras, dan biasanya disertai dengan kilatan halilintar.

Seperti yang dikutip dari situs gurugeobandungblogspot.co.id, secara umum badai terbentuk karena tingginya suhu permukaan air laut. Perubahan yang terjadi dalam atmosfer yang menghasilkan energi diantaranya munculnya petir dan badai.

Saat badai terjadi, kekuatan angin bisa sangat kencang, yakni dengan kecepatan 250 km/jam.

Tercatat dalam laman darkofjoker.blogspot.co.id, bahwa terdapat sepuluh badai yang terdahsyat. Berikut daftarnya:

Badai Tip

Pada 12 Oktober 1979, badai meluluhlantahkan Tip Guam dan Jepang dengan kecepatan 190mph. Dalam peristiwa ini, sekitar 100 orang tewas dan biaya kerusakan tidak diketahui.

Badai ini merupakan badai ke-12 dan badai tropis ke-19 dari musim badai Pasifik 1979. Dengan diameter 1.380 mil, Badai Tip tercatat sebagai siklon tropis terbesar yang pernah dialami di seluruh dunia.

Badai Cora

Badai Cora mencapai puncak 175 mph. Terjadi di Okinawa, timur Cina Utara dan Korea Selatan.

Badai Katrina

Badai Katrina terjadi pada  Agustus 2005 lalu. Terjadi di Louisiana dan Mississippi dimana tekanan minimum tercatat adalah 905 milibar atau 26,64 inci.

Badai ini merupakan badai terkuat kedua yang melanda seluruh AS.

Badai Kenna

Topan Kenna tercatat menjadi badai terkuat ke-3 yang menghantam pantai Meksiko. Topan Kenna terjadi pada 25 Oktober 2002 dengan kecepatan 140 mil per jam dan merusak banyak properti bernilai Rp 1,1 triliun.

Badai Ida

Badai Ida terjadi pada 24 September tahun 1960 di Jepang dengan kecepatan 115 mil per jam dan menyebabkan 700 orang hilang dan 300 orang tewas. Topan ini menyebabkan kerusakan yang sangat parah di seluruh tanah Jepang.

Badai Megi

Ivan Cabrera, seorang ahli meteorologi CNN, menyatakan bahwa Badai Megi adalah salah satu badai terkuat yang pernah terjadi di planet ini sejak tahun 2005. Badai ini tercatat memiliki kecepatan 225 kilometer per jam. Pada tahun 2010 Badai Megi pernah menghantam negara Filipina.

Badai Saomai

Badai Saomai juga melanda Cina dan Taiwan yang menghancurkan lebih dari 1.000 rumah dan 100 orang terluka.

Badai Saomai memiliki kecepatan 135 mil per jam dan tercatat menjadi topan paling kuat sejak 1949 yang melanda Cina. Dikatakan 458 orang tewas dan menyebabkan kerusakan senilai Rp 28,7 triliun.

Badai Nina

Bencana alam Topan Nina terjadi pada tahun 1975 yang melanda Cina dan menghancurkan Bendungan Banqiao dan menyebabkan banjir besar yang menyebabkan 100.000 jiwa melayang. Topan Nina hanya terjadi dalam beberapa hari.

Badai Andrew

Badai ini menyerang bagian selatan Florida, barat daya Louisiana, dan bagian utara barat Bahama. Badai ini memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa dan menyebabkan kehancuran dalam area yang cukup luas. Kerusakan akibat badai ini ditaksir bernilai Rp 298 miliar.

Badai Cimaron

Pada tahun 2006, Badai Cimaron tercatat menjadi salah satu badai terkuat di dunia. Badai ini melanda negara Filipina dengan kecepatan 230 kilometer per jam dan menghancurkan segalanya.

Nama jenis topan ini diambil dari jenis sapi liar. Badai Cimaron menewaskan sekitar 20 orang, 15 orang menghilang, dan menyebabkan kerusakan properti senilai Rp 103 miliar. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini