Bahayakah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Bersoda?

Minuman bersoda yang dingin memang menggiurkan, apalagi jika dinikmati saat udara sedang panas. Namun jika anda sedang hamil, apakah boleh minum minuman bersoda ini?

Ketika sedang hamil memang harus menjaga apa yang dikonsumsi. Tidak boleh sembarangan, karena tentu akan berisiko, baik terhadap janin, atau ibu sendiri.

Ada beberapa risiko yang akan dihadapi jika anda sebagai wanita yang sedang hamil, namun senang minum minuman bersoda.

Obesitas

Penyakit kelebihan berat badan sebanyak 75 persen dari ukuran berat ideal merupakan faktor nomor satu meningkatnya risiko diabetes, terutama untuk diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Kebiasaan mengonsumsi minuman jenis ini selama kehamilan akan mungkin meningkatkan resiko ini dengan lebih besar. Perlu diketahui, setiap satu kaleng kecil minuman bersoda kandungan didalamnya didominasi dengan gula.

Terlalu banyak mengonsumsi gula akan dapat menyebabkan diabetes dan meningkatkan resiko gangguan kesehatan lainnya.

Hipertensi

Kandungan kafein yang terdapat dalam minuman berkarbonasi dapat menjadi sumber pemicu munculnya hipertensi.

Hipertensi yang terjadi selama masa kehamilan akan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan melemahkan sistem imuntias yang akan membuat tubuh mudah terserang dengan berbagai resiko penyakit.

Untuk itu, sebaiknya hindarkan konsumsi minuman ini selama kehamilan dan menyusui, sebab hal ini akan dapat menimbulkan masalah untuk kesehatan anda dan perkembangan janin yang anda kandung saat ini.

Kesehatan Tulang dan Osteoporosis

Minuman berkarbonasi yang memiliki kandungan asam fosfat yang tinggi akan dapat menyebabkan meningkatnya asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada meningkatnya risiko terhambatnya penyerapan kalsium serta berdampak terhadap penyusutan massa tulang. Selanjutnya, sudah dapat diduga, potensi terkena osteoporosis pun akan semakin tinggi.

Dengan demikian, bukan hanya membahayakan kehamilan, dampak lain yang akan dialami juga berpengaruh terhadap kesehatan anda.

Mulai saat ini sebaiknya hentikan segera kebiasan mengonsumsi minuman bersoda selama masa kehamilan, sebab dampaknya bisa sangat buruk. Beralihlah pada minuman yang lebih sehat dan alami seperti air putih. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini