Ormas Bekasi Bulat Tolak Perppu

Sejumlah Ormas dan Lembaga Dakwah di Kota Bekasi melakukan konsolidasi untuk menolak penerbitan PERPPU No.2 tahun 2017.

Sejumlah Ormas di Kota Bekasi mengatakan penolaknya terhadap PERPPU ormas yg diterbitkan pemerintah minggu lalu. Rapat tersebut dihadirkan beberapa tokoh, perwakilan pimpinan ormas, para ahli hukum dan advokat.

Menurut ketua kordinator Forum Ormas Jeje Zaenudin mengatakan penolakan tersebut didukung sejumlah ormas yg ada di Kota Bekasi. Ormas tersebut ialah PUI, Al Washliyah, Matlaul Anwar, Al Irsyad, Parmusi, SI, dan lain lain.

Hasil pertemuan tersebut merekomendasikan beberapa hal. Pertama, Seluruh ormas dan lembaga dakwah yang kontra terhadap PERPPU 02/2017 hendaklah melakukan upaya penolakannya melalui jalur legal konstitusional yaitu permohonan Judisial Review ke MAHKAMAH KOSTITUSI dan desakan ke DPR agar menolak PERPPU tersebut.

Kedua, Perlu adanya tim atau forum rapat yang fokus dan terus mengkordinasikan langkah-langkah penolakan dari berbagai kalangan agar menjadi gerakan perlawanan hukum yang efektif sampai PERPPU benar-benar dibatalkan.

Ketiga, Mengingat PERPPU itu sudah berlaku sejak ditandatangani dan diundangkannya, maka pengajuan permohonan JR ke MK harus dilakukan secepatnya baik secara perormas maupun gabungan ormas sebelum PERPPU itu memakan korban pembubaran ormas tertentu.

Keempat, Perlu diadakannya konsultasi, edukasi dan sosialisasi hukum tentang mekanisme dan prosedur pengajuan permohonan JR ke MK secara benar menurut peraturan perundang undangan yang berlaku.

Sebelum rekomendasi tersebut dikeluarkan, acara tersebut mendengarkan ulasan dari pakar hukum. “ada pengantar dari KH. Bachtiar Nasir, lalu pandangan hukum dari Dr. Kapitra Ampera SH, MH., Munarman, SH, MH., dan Ahmad Michdan, SH, MH., pandangan utusan pimpinan Ormas dan Lembaga Dakwah seperti Dewan Dakwah, PERSIS, HTI, IKADI, Hidayatullah, Majelis Mujahidin, KMJ, BKSPPI Bogor, Pimpina Pesantren Asy Syafiiyah Jakarta,” kata Jeje Zainudin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini