Keluh Kesah Pengurus RT/RW di Bekasi, Belum Gajian Digeber Narik PBB

Infobekasi.co.id – Pengurus RT/RW di Kota Bekasi, Jawa Barat belum menerima insentif semenjak April lalu. Pemerintah menyebut sebab terkendala honor belum cair karena keuangan daerah dinilai belum stabil, sehingga dialokasikan pada APBD Perubahan yang tengah dievaluasi oleh Gubernur Jawa Barat.

“RT/RW digenjot suruh kerja penagihan PBB, sedangkan honor tidak diberikan,” ujar Ketua Forum Rukun Warga (RW) se-Kecamatan Bantargebang, Kiman Sumarwan pada Selasa (3/9).

Menurut dia, di Kecamatan Bantargebang ada 37 RW dan 182 RT. Adapun insentif yang diterima perbulan untuk RW Rp1.750.000 sedangkan RT Rp 1.250.000. Tapi, sampai sejak April lalu, insentif dari pemerintah mandek.

“Kita sendiri tidak mengetahui penyebab dana insentif belum diterima hingga sekarang, tapi waktu kampanyenya Wali Kota Bekasi menjanjikan akan menaikan dana insentif tersebut,” jelasnya.

Ia mengatakan, pengurus RT/RW di Kecamatan Bantargebang hampir 50 persen sudah habis masa jabatannya. Tapi, honor dari pemerintah belum diterima. Padahal dana insentif untuk untuk kegiatan-kegiatan di lingkungan.

Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati mengatakan, ditundanya honoraium kemasyarakatan untuk mestabilkan keuangan daerah. Pemerintah memastikan akan mencairkan insentif setelah APBD Perubahan 2019 selesai dievaluasi oleh Pemprov Jawa Barat.

“Honor hingga Maret 2019 sudah dicairkan. Kemudian kita tunda pembayaran. Intinya agar terjadi keseimbangan fiskal. Hingga kini, Pemkot Bekasi telah menetapkan prioritas pembayaran insentif kemasyarakatan pada APBD Perubahan 2019,” ujar Sekda Kota Bekasi, Reny Hendrawati dalam keterangan tertulisnya pada Senin (2/9).

Adapun penerima honor insentif di Kota Bekasi terdiri dari 7.086 ketua RT, 1013 ketua RW, 16.101 kader posyandu bersama pendampingnya, pengurus majelis umat beragama tingkat kecamatan dan kelurahan, pimpinan atau pemuka agama, pemelihara rumah ibadah, dan anggota perlindungan masyarakat (Linmas).

Nilai insentif bervariasi. Paling besar untuk ketua RW senilai Rp1.750.000 dan paling rendah adalah pemeliharaan rumah ibadah Rp200 ribu. Honor biasanya diberikan setiap bulan. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini