Keterbatasan Kas, Koperasi di Bekasi Kesulitan Salurkan Kredit Usaha

Infobekasi.co.id – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi menyebut belum ada satu pun koperasi di wilayahnya bisa menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR). Penyebabnya, koperasi tersebut tak memiliki modal yang cukup untuk menyalurkannya.

Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar mengatakan, sebenarnya penyaluran KUR bisa dilakukan jika koperasi memiliki kualitas yang baik. Di beberapa daerah, kata dia, bahkan bisa melakukannya karena memiliki manajemen yang baik.

“Untuk menjalankan KUR ini, koperasi tidak hanya bermodal modal Rp 1 Miliar saja. Namun modal yang dibutuhkan hingga Rp 20 Miliar,” kata Toto di Cikarang, Kamis (14/11).

Ia menyarakan kepada koperasi supaya menjaring anggota sebanyak-banyaknya supaya memiliki modal besar sehingga dapat menyalurkan KUR. Untuk menuju ke sana, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah dalam melakukan pembinaan supaya kulaitasnya meningkat.

Ia menyebut, selain modal cukup koperasi yang bisa menjadi penyalur KUR harus terlebih dahulu mengikuti seleksi yang dilakukan Kemeterian Koperasi UKM RI, Kementerian Keuangan RI.

“Dana KUR tersebut, dikhususkan untuk jenis usaha pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan,” katanya.

Reporter: Muhammad Al Akhbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini