Upah Tahun 2020 Rp 4,4 Juta, Pengusaha di Bekasi Akan Efisiensi

Infobekasi.co.id – Upah minimum di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tahun 2020 ditetapkan sebesar Rp 4.498.961 naik 8,51 persen dari tahun ini. Nilai ini dianggap memberatkan pengusaha, sehingga perusahaan bakal melakukan efisiensi pengeluaran biaya operasional.

Upah tahun depan yang ditetapkan telah diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kabupaten Bekasi, Darwoto mengatakan, pihaknya menghormati keputusan kenaikan upah tersebut. Tapi, kenaikan itu dianggap berdampak pada kondisi keuangan perusahaan.

“Tetapi bagaimana caranya dampak itu bisa diminimalisir,” kata Darwoto, Kamis (21/11).

Menurut dia, berbagai upaya disiapkan untuk menekan pengeluaran seperti penghematan air, listrik dan material perusahaan. Efisiensi itu diharapkan bisa mengatasi persoalan keuangan.

Pihaknya tidak membantah jika nantinya ada pengurangan sumber daya manusia karena tingginya upah minimum di Kabupaten Bekasi. “Namun hal itu merupakan opsi terakhir yang diambil perusahaan,” kata Darwoto.

Ia menambahkan, perusahaan pun bisa mengajukan penangguhan upah kepada Gubernur Jawa Barat, jika memang tidak mampu memberikan standar upah bagi karyawannya.

Reporter: Muhammad Al Akhbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini