Bangunan Liar Penuhi Lahan Pemerintah di Rawapasung

Infobekasi.co.id – Lahan seluas 103.770 meter atau 10 hektar lebih milik Pemerintah Kabupaten Bekasi di Tanah Merah Rawa Pasung di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi banyak berdiri bangunan permanen.

Padahal, Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) mengaku tidak pernah memberikan izin kepada masyarakat untuk menempati lahan tersebut. Karena itu, pemerintah berencana melakukan penertiban.

Kasatpol PP Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas aset agar nantinya dipasang papan peringatan. Sebelumnya, kata dia, sudah ada papan informasi perihal aset tersebut, tapi diduga dicopot oleh orang tak bertanggung jawab.

“Sebagai penegak perda, satpol pp berkewajiban mendukung dalam melindungi aset-aset milik Pemkab Bekasi,” kata Yana, Jumat (6/12).

Berdasarkan catatan, Pemkab Bekasi sedikitnya memiliki aset 1.400 bidang tanah yang tersebar di kabupaten dan Kota Bekasi. Banyaknya aset di Kota Bekasi dikarenakan sebelum terjadi pemekaran pada 1996 lalu Kota Bekasi masih menjadi wilayah Kabupaten Bekasi.

Dari 1400 bidang tanah, sebanyak 995 lahan belum bersertifikat sehingga dikhawatirkan akan terjadi persoalan di kemudian hari. Persoalan aset menjadi fokus apalagi Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK RI memberikan catatan agar dapat diselesaikan.

Reporter: Debby Dwi A

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini