Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Dijebloskan ke Penjara

Infobekasi.co.id – Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi menahan mantan Kepala Desa Karangasih, Cikarang Utara karena disangka melakukan tindak pidana korupsi Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Angga Dhielayaksha mengatakan kasus korupsi yang melibatkan mantan kepala desa berinsial AM itu terkait penyalahgunaan pengelolaan APBdes tahun anggaran 2016.

“Sebagai kepala desa, AM menyalahgunakan anggaran desa yang diberikan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah senilai Rp 3.083.879.000,” katanya di Cikarang, Senin (9/12).

Menurut dia, diduga ada penyimpangan dana senilai Rp 1 miliar. Hal ini berdasarkan penghitungan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Adapun dana tersebut semestinya digunakan untuk kepentingan pembangunan desa. Tapi, digunakan untuk kepentingan pribadi. Saat penggeledahan beberapa waktu lalu di kantor desa juga ditemukan kwitansi dan stempel desa fiktif.

Angga menambahkan, tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru yang berperan dalam penyimpangan dana desa tersebut, dan melihat fakta persidangan nantinya.

Ia menyebut, tersangka dikenakan pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001. Selain itu juga dikenakan pasal 3 junto pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999.

Tersangka juga telah dilakukan penahanan di Lapas Kelas III Cikarang selama 20 hari kedepan sambil menunggu proses persidangan.

Reporter: Muhammad Al Akhbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini