Kisah Pak RW, Bereskan Parkir di Jalan Hanya Lewat Spanduk

Infobekasi.co.id – Baru-baru ini viral di media sosial soal spanduk larangan parkir di jalan lingkungan permukiman. Lokasinya di Perkampungan Kavling Bulak Sentul RW 22, Kelurahan Harapanjaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Spanduk dengan kalimat “Siapkan garasinya dulu sebelum beli mobil, jalan kampung adalah milik warga bro, bukan garasi mobil pribadimu. Jangan rampas hak jalan untuk orang lain” adalah benar adanya. Ini sudah terkonfirmasi.

Inisiatornya adalah ketua RW 22, Dedi Heryadi. Spanduk-spanduk selebar badan jalan di sana dipasang sejak Oktober lalu, ketika ia baru menjabat sebagai ketua RW. Motifnya tak lain hanya ingin membereskan masalah parkir di jalan, supaya lebih tertib.

“Jadi tidak mengganggu lalu lintas, khawatirnya ada musibah atau apa, jadi jalanan lancar, tidak sampai terganggu oleh parkir mobil di jalan,” kata Dedi ketika dikonfirmasi, Minggu (19/1).

Awalnya hanya surat edaran. Tapi, tidak mempan. Masih banyak mobil milik warga parkir di badan jalan. Langkah lebih ekstrem pun dilakukan. Memasang spanduk berisi sindiran. Ia beranggapan kalau spanduk pasti dibaca.

“Pro-kontra pasti ada, tapi sekarang sudah dirasakan manfaatnya,” kata dia.

Jalanan selebar 3,5 meter dan paling lebar di jalan utama 5 meter menjadi steril. Sebagai solusi garasi, pengurus di lingkungan membangun kantong-kantong parkir, memanfaatkan lahan kosong yang disewa dari pemiliknya. Yang parkir di sana membayar sesuai kesepakatan. Nilainya variasi dalam sebulan, ada Rp 200 ribu dan Rp 250 ribu.

“Setiap RT ada kantong parkir,” katanya.

Sebelum steril, banyak keluhan dari masyarakat adanya mobil parkir di jalan. Termasuk armada sampah yang mengambil sampah-sampah produksi masyarakat di sana. Belum lagi jika mobil yang diparkir lecet terkena pengguna jalan, pemiliknya marah.

“Sekarang sudah aman, tidak khawatir mobil lecet,” katanya.

Langkah Dedi rupanya diikuti oleh lingkungan lain di Harapanjaya, seperti di RW 04. “Saya hanya memberikan imbauan, tidak ada motif lain supaya lingkungan lebih baik lagi,” katanya. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini