Penanggulangan Bencana Corona di Bekasi Bisa Pakai Dana Desa

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi meminta pemerintah desa menggunakan dana desa untuk menanggulangi bencana wabah virus corona atau Covid-19. Hal itu tertuang dalam surat edaran bernomor 140/S-35/DPMD/2020 tentang anggaran keuangan desa untuk penanganan covid-19.

Surat edaran ini mengatur mengenai penggunaan dana desa untuk melindungi dan menangani masyarakat terhadap covid-19, mulai dari penegasan terhadap padat karya tunai desa (PKTD), desa tanggap covid-19 dan penjelasan perubahan APBDes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, mengatakan penyebaran virus corona yang telah menjadi pandemi berdampak luas di masyarakat. Mulai dari kesehatan hingga perekonomian. Karena itu, penggunaan dana desa diminta dialihkan kepada penanganan covid-19.

“Kepala desa diarahkan untuk membentuk relawan desa lawan covid-19,” katanya, Rabu (1/4).

Sekretaris Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bekasi, Jaut Sarja Winata mengatakan, jumlah anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten sangat besar, rata-rata mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

“Sehingga dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat di tengah wabah virus Corona sekarang ini,” ucapnya.

Anggaran itu, kata dia, dapat dipakai untuk pengadaan masker maupun penyemprotan disinfektan.

Kontributor: Muhammad Al Akhbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini