Melihat Aktivitas di Posko Aman J3K Gojek Bekasi

Infobekasi.co.id – Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, memperkenalkan inisiatif Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan atau dikenal dengan J3K guna memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pelanggan di tengah pandemi global COVID-19.

Jurnalis infobekasi.co.id hari ini mengunjungi salah satu posko aman J3K di kantor Gojek Bekasi Raya di Summarecon Bekasi. Tampak ada ratusan driver Gojek dan Gocar melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Setelah dinyatakan kondisinya baik, mereka mendapatkan masker dan hand sanitizer.

pengecekan driver gojek di posko aman J3K Summarecon Bekasi

Jaminan keamanan kesehatan juga dilakukan di merchant go food yaitu Kopi Raga di Jalan M. Hasibuan, Bekasi Timur. Protokol kesehatan dijalankan dengan baik mulai dari driver masuk sampai pengambilan order. Begitu pula pelayanan di sana, barista memakai alat pelindung diri.

Inisiatif J3K ini merupakan upaya Gojek dalam memastikan seluruh ekosistem termasuk mitra dan pelanggan dapat tetap beraktivitas dan menjalani keseharian dengan produktif. Dengan mengusung inisiatif J3K, Gojek memperkuat standar pelayanannya dengan menerapkan protokol kesehatan yang merujuk pada rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Upaya sosialisasi inisiatif J3K di Bekasi ditandai dengan memperkuat protokol kesehatan di ekosistem Gojek mulai dari protokol J3K di mitra UMKM GoFood, Posko Aman dan Zona Nyaman J3K hingga standar pelayanan baru meliputi uji coba layanan roda-dua GoRide yang dilengkapi dengan sekat pelindung yang berfungsi meminimalisir penyebaran virus melalui droplet.

Selain layanan GoRide, layanan roda-empat GoCar juga selama ini telah dilengkapi sekat yang dipasangkan pada armada secara bertahap. Fasilitas yang menjadi bagian dari inovasi kesehatan Gojek ini merupakan standar baru layanan Gojek, sehingga pengguna dan mitra tidak dikenakan biaya tambahan.

VP Strategic Regional Head Jabar Banten, Becquini Akbar mengatakan, sejak awal pandemi, Gojek telah melakukan berbagai penyesuaian yang mengedepankan aspek kesehatan pada setiap layanan. Memasuki adaptasi kebiasaan baru, Gojek terus berinovasi untuk mendukung masyarakat menjalankan kesehariannya dengan mengedepankan tiga aspek utama, yaitu kesehatan, kebersihan, dan keamanan.

“Inovasi ini kami rangkai dalam sebuah inisiatif besar yaitu J3K. Inisiatif ini kami hadirkan tanpa ada pembebanan biaya tambahan karena kami percaya bahwa rasa aman dan nyaman harus diberikan kepada setiap mitra, pelanggan, dan masyarakat luas,” katanya dalam keterangannya, Senin (20/7).

Jaga Kesehatan di dalam inisiatif J3K merupakan program Gojek dalam menerapkan gaya hidup sehat, terutama bagi para mitranya yang melayani para pelanggan setiap hari. Salah satu inisiatif utama Jaga Kesehatan adalah mewajibkan pengecekan suhu tubuh dan desinfeksi kendaraan bagi mitra driver di 8 titik Posko Aman J3K di kota dan Kabupaten Bekasi, serta pengecekan suhu tubuh bagi karyawan mitra usaha GoFood.

Kedepalan posko aman itu antara lain di Kantor Gojek Bekasi, Stasiun Bekasi, Posko Aman Banda, Posko Aman Galaxi, Pokso Aman Tony Jaya Mandiri, Stasiun Cikarang, Kp Bulu Tambun, dan Posko Aman Gondang Mustika Jaya. Gojek secara konsisten juga memberikan informasi prosedur kesehatan kepada pelanggan melalui shuffle card di aplikasi Gojek.

“Kami menyadari bahwa kesehatan menjadi hal yang utama bagi mitra driver agar dapat bekerja secara optimal. Karena itu, kami terus memastikan kesehatan para mitra dengan melakukan pengecekan suhu tubuh secara rutin di titik-titik Posko Aman J3K untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan sehat dan siap memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan kami.” jelas Becquini.

Sementara itu, Jaga Kebersihan di dalam inisiatif J3K adalah program Gojek dalam memastikan kebersihan ekosistem, salah satunya dengan membuat Posko Aman J3K sebagai tempat melakukan desinfeksi kendaraan, pendistribusian masker, hairnet, hand sanitizer bagi para mitra driver.

“Upaya lain dalam menjaga kebersihan ekosistem adalah dengan menerapkan protokol kebersihan bagi mitra usaha GoFood. Mitra GoFood diimbau untuk menyediakan wastafel dan hand sanitizer bagi mitra driver, dan menjaga makanan tetap higienis. Tidak hanya itu, kami juga telah mendistribusikan masker ke 50.000 outlet mitra UMKM dan ribuan paket sanitasi berisi perlengkapan higienitas, termasuk safety seal/selotip kemasan. Di layanan GoFood, kami juga menyediakan daftar outlet mitra yang secara konsisten menerapkan penggunaan masker dan pengecekan suhu bagi karyawan, serta penggunaan segel pengaman pada kemasan,” ujar Becquini.

Adapun Jaga Keamanan di dalam inisiatif J3K merupakan program Gojek dalam memberikan perlindungan untuk keamanan bersama. Di dalam aspek ini, Gojek memberikan informasi suhu tubuh mitra driver dan status desinfeksi kendaraan mereka yang dapat dilihat pelanggan di aplikasi. Fitur ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Prosedur lain untuk jaga keamanan adalah adanya sekat pelindung di GoCar dan GoRide (tahap uji coba), kewajiban driver menggunakan masker dan anjuran penggunaan sarung tangan, imbauan penumpang membawa helm SNI milik pribadi serta pembagian hairnet secara gratis kepada penumpang, hingga tersedianya Zona Nyaman J3K bagi pelanggan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Di Bekasi, Zona Nyaman J3K berada di titik jemput layanan GoCar dan GoRide Instant Summarecon Mall, di titik jemput layanan GoRide di Stasiun Bekasi.

Prosedur jaga keamanan juga sangat dioptimalkan untuk layanan GoFood, hingga pengantaran tanpa kontak fisik (contactless delivery) dengan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat di dalam pesanan antara pelanggan-mitra driver yang juga berlaku untuk GoSend, GoShop, GoMart.

Driver Gojek mengambil orderan gofood di gerai Kopi Raga

“Kami juga mendorong agar pelanggan dapat mengutamakan transaksi menggunakan GoPay untuk menghindari kontak fisik, baik untuk transaksi layanan Gojek atau transaksi di merchant online atau offline,” tutup Becquini. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini