Benda Bersejarah Ditemukan di Sela Revitalisasi Stasiun Bekasi

Infobekasi.co.id – Benda bersejarah ditemukan di sela revitalisasi Stasiun Bekasi. Benda dalam bentuk bata merah dan jendela kayu itu akan segera diteliti untuk menentukan nilai sejarahnya.

Sejarawan Bekasi, Ali Anwar mengatakan penemuan itu bermula dari laporan di media sosial. Netizen mempertanyakan temuan ‘sesuatu’ di Stasiun Bekasi yang sedang direvitalisasi dan pembangunan rel dwi ganda.

“Dari situ saya sama teman-teman di tim ahli cagar budaya ke lokasi,” kata Ali ketika dihubungi, Senin (10/8).

Hingga sekarang, kata dia, tim belum dapat menyimpulkan nilai sejarah benda tersebut. Namun, setelah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, lokasi penemuan sementara tidak akan diutak-atik apalagi dibongkar.

“Dua lokasi dalam bentuk bangunan batu bata seperti lingkaran, tapi ada satu lagi semacam pondasi,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah akan berkirim surat ke Kementerian Perhubungan dan pihak berwenang lainnya. Satker jabodetabek double-double track, kata dia, juga bersedia memfasilitasi

“Kedepannya ada dua opsi, pertama bangunan itu tetap ada di situ, kemudian di atasnya ada proyek pembangunan DDT,” katanya.

Tapi, jika tidak bisa diselamatkan karena alasan pembangunan, menurut dia, harus dilakukan penelitian lebih dulu sampai ahli memberikan kesimpulan. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini