Rasio Positif Covid-19 di Kota Bekasi Lampaui Standar WHO

Infobekasi.co.id – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, rasio positif pasien Covid-19 di wilayahnya sekarang mencapai 7,7 persen. Rasio ini melebihi standar yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO yaitu 5 persen.

Penyebab meningkatnya rasio itu dikarenakan angka kasus Covid-19 mengalami peningkatan semenjak dua pekan terakhir. Bahkan, Rahmat menyebut angka kematian juga mulai timbul lagi meskipun penyebab utama adalah penyakit penyerta.

“Kenaikan sejak dua minggu ke belakang,” kata Rahmat di Bekasi pada Selasa (18/8).

Pemerintah mencatat rasio positif Covid-19 sempat berada di bawah standar WHO yaitu 4,2 persen. Ini terjadi ketika kasus di Kota Bekasi melandai selama PSBB maksimal hingga dilonggarkan sampai pertengahan Juli. Selama kasus melandai angka kematian bahkan nihil.

Ia mengatakan, kasus Covid-19 secara akumulatif di Kota Bekasi sekarang sebanyak 1.324. Kasus aktif 225, dan yang meninggal dunia 55 orang. Penyumbang kasus terbanyak berada di klaster keluarga. Totalnya mencapai 155 KK dengan kasus 437. Adapun sebaran kasus berada di 10 kecamatan dan 32 kelurahan.

Untuk menekan kasus, pemerintah kembali meningkatkan peran RW siaga. “Yang paling inten dan harus dilakukan mengurangi kembali kerumunan, kalau masker kepatuhannya mungkin sudah 70 persen,” kata Rahmat Effendi. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini