Di Kota Bekasi, Bikin Akta Kelahiran dan KK Hanya Lewat Aplikasi

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat meluncurkan aplikasi e-Open, sebuah aplikasi layanan kependudukan untuk warga Kota Bekasi. Melalui aplikasi ini, pemohon tak perlu datang ke kantor pelayanan seperti mal pelayanan publik maupun kecamatan.

Salah satu pelayanan di dalam aplikasi itu adalah permohonan akta kelahiran. Jika mengajukan permohonan layanan ini, secara otomatis juga akan dilayani perubahan kartu keluarga (KK).

“Pelayanan akta kelahiran sudah include dengan KK,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, Taufiq Hidayat ketika berbincang dengan infobekasi.co.id, Senin (25/1).

Menurut dia, aplikasi e-Open diluncurkan ke publik pada Oktober 2020 silam. Masyarakat Kota Bekasi bisa mengunduh di ponsel berbasis android. Setelah mengunduh, pemohon akan mendapatkan akun, tentunya harus mendaftar dan verifikasi.

Untuk mengurus akta kelahiran dan KK, pemohon hanya membuka aplikasi lalu ke layanan Akta Kelahiran. Di sana sudah tertera dokumen yang harus disiapkan. Mulai dari foto KK lama, KTP suami istri, buku nikah, serta surat keterangan lahir.

“Silakan diisi dengan benar, lalu upload foto-foto dokumen sebagai persyaratannya,” kata Taufiq.

Menurut dia, kepengurusan menggunakan aplikasi ini hanya butuh waktu tiga hari kerja. Untuk memantau perkembangan dokumen, tinggal mengecek di status. Jika sudah selesai, dokumen bisa diambil di lokasi yang ditentukan sendiri.

“Kalau mendapatkan email, tidak perlu ke lokasi pengambilan. Tinggal ngeprint saja, karena dokumen akta dan kk sekarang bentuknya hanya kertas HVS A 4,” ucap Taufiq. (fiz)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini