Produksi Sampah di Kota Bekasi Setiap Hari Mencapai 1.800 Ton

Infobekasi.co.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, produksi sampah di wilayahnya setiap hari mencapai 1.800 ton, baik organik maupun anorganik. Tapi, hanya separuhnya yang bisa dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sumurbatu di Bantargebang.

“Kalau untuk total tonasi sampah yang ada di Kota Bekasi itu kita ada sekitar 1.800 ton perhari bagi sampahnya,” ucap Yayan Pada Rabu (03/02) siang.

Menurut Yayan, dari 1.800 ton sampah yang diproduksi per hari, hanya dapat mengangkut sebanyak 900 ton saja dalam satu hari untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir. Kendalanya adalah terbatasnya armada.

Pemkot Bekasi hanya memiliki sebanyak 290 armada pengangkut sampah. Namun dari sebanyak 290 armada yang tersedia, sebanyak 250 armada saja yang terbilang efektif dalam layak jalan.

“Bayangin saja dengan volume sampah yang banyak itu, segi armada pengangkut untuk sampah kita kurang mau tidak mau ya terjadi kondisi seperti itu,” keluhnya.

Pemkot Bekasi pada setiap tahun melakukan pengajuan untuk pengadaan armada pengangkut sampah tersebut. Seperti untuk tahun ini Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengajuan armada pengangkut sampah sebanyak lima truk baru.

“Kalau pengadaan armada setiap tahun kita ada pengajuan untuk hal itu, kalau tahun ini kita usul sekitar 5 armada pengangkut sampah, semoga dari seluruh truk sampah yang ada bagi proses pengangkutan sampah bisa teratasi,” tutupnya.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini