Satpol PP Kota Bekasi Kumpulkan Rp 13 Juta dari Denda Protokol Kesehatan

Infobekasi.co.id – Satpol PP Kota Bekasi berhasil mengumpulkan uang denda protokol kesehatan di wilayah setempat selama operasi yustisi di wilayah setempat. Denda ini sudah sesuai dengan ketentuan peraturan daerah tentang adaptasi tatanan hidup baru yang berlaku mulai tahun ini.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Bekasi Abi Hurairah uang denda sebanyak itu dikumpulkan selama operasi mulai 11 Januari sampai 9 Februari 2021. Sumbernya dari pelanggar protokol kesehatan di berbagai wilayah.

“Sejauh ini dari sanksi denda yang sudah terkumpul dari pelanggaran masyarakat terhadap operasi yustisi ada sebanyak Rp. 13.111.000,” ucap Abi saat dikonfirmasi infobekasi.co.jd pada Rabu (10/02) pagi.

Abi menuturkan, denda tersebut diperoleh dari 368 pelanggar protokol kesehatan. Mereka diberikan sanksi denda karena terbukti melakukan pelanggaran berulang kali. Sebab, sanksi tahap pertama berupa teguran, kemudian sanksi sosial dan terakhir denda.

“Iya mereka yang terkena sanksi denda adalah bagi mereka yang memang berulang kali melakukan kesalahan, dengan dari sanksi denda yang ada sebanyak 368 orang sebagai pelanggarnya,” ujar dia.

Ia juga menambahkan, giat operasi yustisi sendiri yang sejauh ini dilakukan oleh Satpol-PP sejatinya juga bukan semata-mata untuk mendapatkan uang agar menjadi pemasukan bagi kas daerah, melainkan hal itu dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar patuh dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Sebetulnya operasi yustisi ini bukan tujuan akhir untuk mendapatkan uang agar menjadi pemasukan ke kas daerah, tetapi hal itu kita lakukan agar bagaimana kita dapat mengedukasi masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika berada di luar rumah,” paparnya.

Kontributor: Denny Arya P

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini