Alimudin: Perda Pesantren Sudah Tahap Finalisasi

Infobekasi.co.id – Ketua Pansus 19 di DPRD Kota Bekasi, Alimudin mengatakan bahwa pembentukan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pesantren sudah masuk tahap finalisasi.

“Tinggal sepuluh persen lagi, mudah-mudahan tahun depan bisa diimplementasikan,” kata Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS ini, Kamis (11/11/2021).

Ia mengatakan, reperda tersebut sekarang sedang dalam proses pengiriman ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk diperiksa atau dipelajari. Pihaknya siap melakukan perbaikan jika ada saran maupun rekomendasi.

“Setelah proses administrasi selesai, tinggal kami di DPRD menggelar rapat paripurna pengesahan raperda menjadi perda,” kata anggota DPRD dari Dapil Rawalumbu, Mustikajaya dan Bantargebang ini.

Menurut dia, perda pesantren merupakan turunan dari Undang-Undang No.18, Tahun 2019 tentang Pesantren. Peraturan ini untuk menjamin penyelenggaraan pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Karena itu, diperlukan pengaturan lebih detail untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi pesantren di Kota Bekasi. Menurut dia, pesantren sebagai lembaga pendidikan didalamnya menyelenggarakan pendidikan formal dan atau nonformal

“Pendidikan formal meliputi Pendidikan Muadalah; Pendidikan Diniyah Formal; Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS); dan Ma’had Aly (Perguruan Tinggi) dan Pendidikan nonformal berbentuk pengkajian Kitab Kuning,” ujar Alimudin.

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa lulusan pendidikan pesantren jalur pendidikan non formal yang dinyatakan lulus ujian PKPPS dapat melanjutkan ke jenjang Pendidikan formal yang lebih tinggi, baik yang sejenis maupun tidak sejenis, dan/atau kesempatan kerja.

“Perda ini mengaktualisasi hadirnya pemerintah dalam rangka untuk menlaksanakan cita-cita bangsa. Memajukan dan mensejahterakan masyarakat, melindungi segenap bangsa,” ucap Alimudin. (fiz/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini