Kabupaten Bekasi Luncurkan Program SLRT untuk Warga Miskin

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi membuka program Sistem Layanan Rujukan Terpadu atau SLRT di tahun ini. Layanan satu pintu ini diperuntukkan bagi masyarakat prasejahtera.

“SLRT ini merupakan program yang menghubungkan dan memudahkan mereka dalam mengakses berbagai layanan perlindungan sosial, dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Kustanto, Rabu (16/2).

Dalam proses kerjanya, SLRT ini melibatkan berbagai instansi pemerintah. Seperti <span;>Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Sosial serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Jadi untuk mempermudah masyarakat miskin mendapatkan pelayanan pemerintah, nah ini nanti buat masyarakat miskin seperti yang tidak mempunyai KTP,” kata Kustanto.

Baca juga : Ratusan Nakes Kabupaten Bekasi Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menurut dia, peran SLRT akan semakin menonjol karena ada Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di desa. Sehinga nantinya, warga Kabupaten Bekasi bisa melaporkan pengaduan seperti saat pemerintah daerah menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Atau seperti ketika berobat tidak punya duit, dia masuk rumah sakit enggak punya duit atau tidak punya KTP di desa nanti ada Puskesos,” ucapnya.

Wabah Covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan warga kehilangan pekerjaan sehingga pendapatan berkurang. Alhasil, untuk mengakses pelayanan dasar juga menjadi terhambat.

“Nantinya ketika masyarakat ada kendala bisa melapor ke Puskesos,” kata Kustanto.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini