Fenomena PMKS di Kota Bekasi Menjelang Ramadan

Infobekasi.co.id – Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol-PP Kota Bekasi Ade Rahmat mengatakan pihaknya bakal menertibkan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayahnya menjelang bulan suci Ramadhan mendatang.

“Kita juga akan perintahkan kepada setiap Anggota Satpol-PP kita yang ada di setiap kecamatan untuk membantu kita guna menertibkan para PMKS di bulan puasa,” ucap dia saat dihubungi infobekasi.co.id melalui sambungan selularnya, Rabu (23/03) Pagi.

Ade menambahkan, koordinasi tersebut dilakukan diantaranya sebagai langkah preventif dalam menimalisirkan para PMKS disetiap wilayah di Kota Bekasi. Pasalnya, kata dia untuk mendekati bulan suci Ramadhan, para PMKS diwilayahnya juga sudah mulai banyak ditemukan.

“Jadi hasil analisa di lapangan bahwa minggu ini sudah mulai terlihat peningkatan terhadap para PMKS itu di titik-titik rawan, makanya kemarin dari mulai kemarin kita sudah melakukan penertiban terus secara rutin,” ujarnya.

Sehingga, kata dia dari adanya penugasan itu, Tidak hanya anggota di Markas Komando saja yang turut melakukan penertiban. Sedangkan, anggota yang ada disetiap wilayah juga ikut berperan guna mengantisipasi dari adanya hal demikian.

“Iya makanya mereka sudah diperintahkan dari sekarang sekarang ini, Jadi jangan sampai nanti kewalahan pas udah mendekat nanti beberapa hari bulan puasa, para PMKS malaj membludak. Jadi kurang baik, makannya dari sekarang sudah mulai kita lakukan razia atau penertiban,” tandasnya.

Diduga Ada Koordinator PMKS

Kepala Bidang Umum Satpol-PP Kota Bekasi Ade Rahmat menduga bahwa ada pihak-pihak tertentu yang mengkoordinir munculnya PMKS di wilayahnya, apalagi menjelang Ramadan.

“Kadang-kadang namanya PMKS menjelang Bulan Suci Ramadhan ini ada koordinatornya, Jadi mereka itu di drop (diturunkan) ke wilayah-wilayah,” ujar Ade saat dihubungi infobekasi.co.id melalui sambungan selularnya, Rabu (23/03) Pagi.

Ia juga menjelaskan, sedangkan dari para alasan PMKS yang kerap kali dilakukan razia atau penertiban oleh petugas, mereka rata-rata menjawab dengan alasan kendala ekonomi hingga mereka turun ke jalanan.

“Hingga itu menjadi alasan klasik. Dan saya menduga ada pihak tertentu yang menyuruh-nyuruh mereka dari luar. Kadang-kadang pake mobil, di Drop dimana. Terus diturunin, Nanti dijemput lagi,” tambahnya.

Pihaknya juga kerap melakukan langkah preventif kepada mereka dengan cara melakukan penertiban di setiap wilayah.

“Tapi kita mah engga berpengaruh dengan itu sepanjang dia misalkan ada tetap di jalan raya, menganggu Ketertiban umum terlepas dia orang mana dari mana yang penting kita amankan, kita kirim langsung ke bawa ke Rumah Singgah dari Dinas Sosial Kota Bekasi yang berada di wilayah Padurenan, Kecamatan Mustikajaya,” ungkapnya.

Kontributor : Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini