Sempat Terdampak Covid-19, Realisasi Pajak Restoran Kabupaten Bekasi Mulai Menggeliat

Infobekasi.co.id – Beberapa sektor pajak daerah yang menjadi pendapatan asli daerah atau PAD Kabupaten Bekasi sempat terdampak wabah Covid-19, tepatnya sepanjang 2020 hingga 2021.

Namun saat ini, seiring melandainya kasus harian aktif Covid-19 di Kabupaten Bekasi, PAD sektor pajak mulai menunjukkan tren peningkatan.

Kabid Pengendalian dan Evaluasi pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi, Akam Muharam mengatakan, PAD Kabupaten Bekasi naik signifikan sejak awal Mei 2022. Saat ini pendapatan asli daerah sudah terealisasi 26,22 persen dari target Rp2,065 triliun.

“Bapenda menargetkan raih PAD sebesar Rp2,065 triliun dari 10 sektor mata pajak daerah,” katanya, Selasa (17/5).

Dia mengatakan, dari 10 sektor pajak daerah, salah satunya pajak restoran yang sudah mulai menunjukkan tren peningkatan. Saat ini realisasi pajak restoran sudah mencapai Rp65 miliar atau 34 persen dari target Rp164 miliar.

“Untuk pajak restoran di tahun 2020 dan 2021 kita terkendala di pandemi, karena beberapa restoran ada yang tutup sementara untuk saat ini mulai ada peningkatan,” kata Akam.

Meski Covid-19 masih menjadi pandemi, namun pertumbuhan ekonomi mulai menggeliat, termasuk di Kabupaten Bekasi. Hal ini, menurut Akam karena adanya kelonggaran dari kebijakan PPKM.

“Dengan menurunnya pandemi tentu ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bekasi,” ucapnya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini