Musim Hujan, Surganya Pemancing Ikan Betok

infobekasi.co.id – Mancing ikan betik/betok di sawah, rawa-rawa dan kali kecil di Bekasi menjadi keseruan bagi para mancing mania, termasuk warga Bekasi.

Ikan betok yang dikenal dengan bahasa latinnya Anabas testudineus, jenis ikan air tawar yang biasa hidup diperairan rawa, sungai, danau, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah.

Modal kail, umpan jangkrik, dan joran sederhana, ikan betok mudah didapat. Ikan betok berukuran kecil hingga ukuran babon kerap naik ke permukaan air saat-saat hujan seperti ini.

“Kalau musim hujan gini, ikan betok pada keluar. Seru mancing ikan betok, apalagi kalau dapat ukuran babon (biang),” tutur Yahya (34) warga Ujung Harapan, Bekasi, Jumat (30/12/22).

Yahya, memang hobi mancing. Mulai dari ikan Betok hingga ikan jenis gabus pernah Ia dapatkan. Rata-rata spot mancing di sawah, kali kecil atau rawa-rawa yang masih ada di perkampungan Bekasi.

“Wah seru, kadang kalau lagi hoki dapat ikan gabus juga. Tapi kebanyakan di sini ikan betok masih banyak, enggak ada habis-habisnya,” ungkap Ayah satu anak ini.

Modal murah meriah, lokasi terjangkau. Membuat sebagian para mancing mania lebih memilih ikan rawa-rawa dan sawah tersebut. Selain gurih dimasak, ikan betok juga bisa bertahan lama jika dipelihara, bisa juga buat stok lauk pauk di dapur untuk makan bersama keluarga.

Selain Yahya, ada juga spesialis pemancing ikan betok, ialah Qirman. Pria tinggi berkumis, berjenggot asli Kabupaten Bekasi ini, mengaku sering dapat banyak Ikan bersisik kasar tersebut. Kadang hasil pancingannya dibagi-bagikan ke sanak saudara.

“Ikan betok ini kuat. Bisa hidup lama kalau kita pelihara. Makanya kalau dapat mancing kita taruh ajah di kolam. Bisa buat stok lauk makan, digoreng, di sayur. Gurih dan sedap banget rasanya,” ujar Qirman yang kerap mancing di bantaran kali dan persawahan Tanah Tinggi, Desa Setia Asih.

Kalau sudah musim hujan seperti ini, Qirman semangat dan mulai persiapkan peralatan ‘perang’. Sebab, ikan betok bakal keluar dari sarang. Momen ini bikin seru, kangen dengan jentakan ikan betok yang menantang saat memakan umpan.

“Biasanya musim hujan begini nih. Ikan betok pada keluar sarang. Mancing dapat banyak, kadang dapat se-ember. Seru ajah, streak ikan betok. Kedetannya itu menantang, meski ikannya kecil. Mancing ikan betok emang mantap,” ujar Qirman yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang tahu cripsy.

(deros)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini