Kerap Dijadikan Tempat Jualan PKL, Pemkot Kota Bekasi Minta RTH Dijaga

Infobekasi.co.id – Kepala Bidang Penerangan Jalan dan Umum (PJU) Pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Edi Supriyadi, meminta seluruh lapisan masyarakat turut terlibat menjaga kenyamanan dan ketertiban Ruang Terbuka Hijau (RTH), terutama di taman yang ada di Kota Bekasi.

Hal itu lantaran, ruang taman hijau dijadikan area para Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di sekitar area taman, dan bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi tempat tidur para PMKS.

“Tidak menutup kemungkinan akan terjadi, seperti para PKL berjualan, maupun pengemis jalanan yang akan tidur disitu. Pentingnya kehadiran Satpol PP barang kali, baik di tingkat Kecamatan, maupun dari Markas Komando melakukan patroli rutin, agar kejadian serupa bisa segera tertangani,” turur Edi saat dihubungi Infobekasi.co.id melalui sambungan telepon, Selasa (31/01/2023).

Tentu, dalam hal ini, kata Edi, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri. Kesadaran masyarakat dan juga sinergitas komunikasi antar lembaga terkait dibutuhkan.

“Saya juga mohon bantuannya agar turut menginformasikan melalui media massa, karena kita kan juga punya keterbatasan komunikasi, diharapkan peran media agar membantu kita menginformasikan ke OPD terkait, supaya lebih perhatian ruang taman hijau yang sudah kita bangun,” imbau Edi.

Seperti salah satu contoh, di taman hutan kota Bekasi baru saja ditata ulang kembali, akan tetapi kehadiran para PKL lagi-lagi masih menjadi permasalahan yang belum bisa terselesaikan.

“Karena seperti di Hutan Kota salah satunya, waduh ampun kaya sampah dan PKL. Padahal kan harusnya dijaga. Jadi bersama-sama kita menjaga. Karena ini kan termasuk fasilitas publik, jadi ya mesti dijaga. Supaya memberikan kenyamanan, dan juga ketertiban masyarakat luas,” pungkasnya.

Kontributor: Denny Arya Putra

Editor: Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini