Damkar Kota Bekasi Gelar Kompetisi Keahlian Antar Pleton

infobekasi.co.id – Memperingati HUT Pemadam Kebakaran ke 104 Tahun, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi mengadakan BEKASIFIGHTERCHALELENGE Skill Competition 2023.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Aceng Solahudin, mengatakan, kegiatan skill kompetisi ini akan berlangsung selama beberapa hari, Dimulai dari babak penyisihan tanggal 6 Februari, sampai 8 Februari 2023. Babak finalnya ada di tanggal 11 Februari 2023.

“Kali ini kita sedang melaksanakan Skill Kompetisi Tahun 2023, Dalam Rangka HUT Damkar ke 104. Melalui ajang perlombaan ini ada 12 Tim yang akan bertanding, terbagi dari tiga Pleton baik dari Peleton A,B dan C,” ujar Aceng kepada awak media dilokasi, Senin (06/02/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan, sekaligus kekompakan anggota selama bertugas dilapangan, serta penyelamatan yang dilakukan setiap anggota.

“Artinya diukur seberapa kecepatan tim berapa lama dia lakukan pemadaman dan penyelamatan, 12 tim akan bertanding dan nantinya akan dipilih, yang menjadi terbaik dari masing masing kompi,” papar Aceng.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pemadaman dan Keselamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Koswara menyampaikan, melalui skill kompetisi ini akan ada beberapa jenis perlombaan dipertandingkan.

“Tiga jenis perlombaan dilombakan dalam pelaksanaan skill kompetisi ini ada Hose Laying, Leader Pitching, Survaivell. Tiga jenis perlombaan ini, dituntut untuk mengedepankan kekompakan, kerjasama dan ketepatan Tim pada saat melakukan evakuasi. Karena kita harus meminimalisir terjadinya cedera pada korban yang dimungkinkan apabila terjadi suatu kejadian,” ujar Koswara.

Dari kegiatan ini, peserta yang terbaik bakal direkomendasikan ke perlombaan tingkat nasional.

Kontributor: Denny Arya Putra

Editor: Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini