Warga Protes Jalan Pondok Ungu Permai Kaliabang Macet, Ini Penyebabnya

infobekasi.co.id – Jalan utama depan POM Bensin Pondok Ungu Permai ditutup sementara. Hal itu lantaran ada perbaikan dan peningkatan jalan yang di lakukan pemerintah setempat. Beberapa warga mengeluhkan, sebab bikin jalan makin macet.

Pantauan infobekasi.co.id, masyarakat harus mencari jalan alternatif untuk sampai ke lokasi yang dituju. Ada yang masuk ke perkampungan, mencari jalan pintas.

Pengendara motor dan mobil terpaksa masuk ke perkampungan Kaliabang Rorotan, Rawa Silam, Kp. Pengarengan dan ‘Jalan Tikus’ lainnya.

Kendaraan motor dan mobil saling berpapasan di gang sempit. Mengakibatkan arus kendaraan yang lewat membuat macet dan padat merayap. Banyak juga kendaraan putar balik menghindari kemacetan jalan.

Banyaknya kendaraan yang melintas, lantaran sebagian warga keluar rumah mencari menu buka puasa, ada juga yang memang sengaja JJS (Jalan-Jalan Sore) sambil menunggu bedug adzan magrib.

Ada juga warga yang kejebak macet saat pulang kerja. Sebab jalan tersebut menjadi satu-satunya akses menuju perumahan Pondok Ungu Permai (PUP).

“Itu siapa yang suruh, perbaiki jalan kok jelang lebaran. Itu pasti sampai lebaran bakal belum selesai, dan bakal menimbulkan kemacetan setiap hari dan makin parah. Hati-hati warga PUP dan sekitarnya,” ujar Agus, salah satu warga PUP yang tiap hari lewat Jalan tersebut, kepada infobekasi.co.id, Sabtu (15/04/2023).

Menurutnya, pihak pengembang dan pemerintah setempat paham akan situasi dan kondisi jalan sekitar. Kapan harus diperbaiki dan harus tahu jam operasional perbaikan jalan.

“Yang punya kewenangan atas proyek itu, seharusnya paham kondisi di lapangan. Harus tau titik-titik vital yang jadi biang kemacetan,” tandas Agus.

Pria yang berprofesi sebagai jurnalis tersebut, menilai bahwa perbaikan jalan saat menjelang lebaran kurang tepat.

Sebab, kondisi perbaikan jalan mendekati lebaran malah bikin menambah kemacetan, lantaran mulai banyak pemudik melintasi jalan tersebut.

“Seharusnya kalau mau perbaiki jalan di depan RS THB jauh-jauh hari, setidaknya di awal Puasa. Jadi pas jelang lebaran, saat aktivitas masyarakat meningkat, jalan depan RS THB itu sudah selesai dan siap digunakan,” sarannya.

Masih kata Agus, jalur yang menjadi akses utama warga PUP itu cuma ada tiga, yakni,

Pertama, Jalan Chandrabaga ke kanan lewat Alinda atau ke kiri lewat Masjid Taqwa. Kondisinya macet parah setiap jelang lebaran karena orang mau belanja pakaian.

Kedua, Jalan Grand Duta City, juga sering macet karena jadi lalu lintas utama dari Babelan.

Dan Ketiga, Jalan SPBU Pondok Ungu Permai atau depan RS THB.

“Kalau titik ini di tutup, warga PUP terkepung tidak bisa keluar masuk lagi,” tandasnya.

Hal senada diutarakan, Santi (24), salah satu pengendara motor, saat hendak melintasi kawasan Pondok Ungu Permai (PUP) mengaku terganggu dengan adanya perbaikan jalan tersebut.

“Tumben jalan macet banget ya. Lewat mana ajah jalan macet,” ujar Santi, salah satu warga saat mau melintas sekitar jalan Utama Pom Bensin PUP.

Ia mengaku belum sempat mendapat kabar, bahwa ada perbaikan jalan di Depan Pom Bensin PUP. Imbauan dari pemerintah setempat juga tidak sepenuhnya sampai ke warga.

“Enggak dapat kabar, kalau jalan ini mau dibenerin. Bikin macet ajah. Seharusnya perbaikan jalanan jangan bikin jalan tambah macet. Masyarakat jadi kena dampaknya,” keluhnya.

Berikut video kemacetan parah di sekitar Pom Bensin Pondok Ungu Permai (PUP) :

1681562732424_fb_video_1681562733250_1681562733250

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini