KPU Kota Bekasi Buka Pendaftaran Caleg, Ini Syaratnya

infobekasi.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi sudah membuka pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pendaftaran dibuka sejak 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Ada beberapa persyaratan harus dipenuhi. Berkas persyaratan pendaftaran caleg ini dikirim atau upload secara online lewat akun sistem informasi pencalonan (Silon).

Bakal caleg wajib melampirkan e-KTP, surat pengajuan formulir model-B bakal calon, Surat Pengajuan Formulir Model-B pengajuan Parpol, surat dari Pengadilan Negeri belum pernah jadi Narapidana, SKCK dari Kepolisian.

Selain itu, melampirkan surat keterangan sehat jasmani dari dokter rumah sakit pemerintah, surat bebas narkotika, tanda bukti daftar pemilih, atau bacaleg harus terdaftar pada akun Sipol, pas foto terbaru, dan ijazah terakhir.

“Kalau misalnya universitasnya udah bubar, misalnya D3 bubar, itu bisa pengesahan di KCD dinas provinsi atau Kota setempat. Ijazah SMA. Karena syarat bacaleg itu minimal SMA,” jelas Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni beberapa waktu lalu.

Setelah berkas persyaratan lengkap, semua berkas wajib discan dan diupload pada akun sistem informasi pencalonan (Silon).

“Yang mengupload itu admin parpol. Kebijakan tergantung parpol bisa dari DPC maupun DPP.Agar terjadi keseragaman syarat, maka yang meng-upload dari DPP. Tapi itu kembali Kebijakan parpol,” jelas Nurul.

Nah, setelah seluruh berkas terupload pada akun Silon, Bacaleg wajib membawa dua hard copy persyaratan ke Komisi Pemilihan Umum (KPI) setempat. Nantinya, petugas bakal melakukan verifikasi data yang sudah masuk.

“Setelah melakukan pendaftaran di akun silon, maka Bacaleg wajib membawa dua berkas ke KPU, yaitu Surat Pengajuan Formulir Model-B pengajuan Parpol, dan surat pengajuan formulir model-B bakal calon,” terang Nurul dikutip dari tribunbekasi.com.

Editor : Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini