Momen Idul Adha, Hewan Kurban Jadi Tontonan Bocah

infobekasi.co.id – Nonton hewan kurban jadi “hiburan mewah” bagi bocah sekarang. Hewan kambing dan sapi dikumpulin di tanah lapang, dijejerin, ada bebagai nama dari pemilik hewan kurban.

Menariknya, para bocah itu kadang suka usil. Hewan buat kurban malah diadu, terutama ngadu kambing. Alhasil, panitia yang jagain hewan kurban jadi kerepotan, gubris para gerombolan bocah tersebut.

Banyaknya hewan kurban disaat hari raya Idul Adha menjadi sebuah hiburan, sekaligus mengenal lebih dekat perilaku hewan-hewan tersebut. Maklum, yang melihara kambing dan sapi sudah langka di Bekasi.

“Ih ini kambing jenisnya apa. Koq tanduknya melengkung gituh,” tanya Ipul kepada kawannya.

“Itu kambing gembel (domba), bulunya tebel-tebel enggak beraturan. Tanduknya tajem. Awas kena baduk,” jawab Utih.

Memang, di momen ini banyak jenis kambing dan sapi bertebaran di halaman mesjid. Momen langka sekai setahun ini benar-benar dimanfaatkan oleh kawananan bocah.

Ada yang berani nonton tapi tidak berani menyentuh. Ada yang terlalu berani memegang, malah hewan-hewan itu diadu tanpa sepengetahuan panitia qurban.

Hewan kambing dan sapi menjadi sesuatu langka yang sudah jarang di temui di Bekasi, khususnya di kawasan perkotaan, padat penduduk.

Hewan itu menjadi tontonan “istimewa” bagi para bocah, sekaligus mengenal jenis hewan yang layak dikorbankan.

(Dede Rosyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini