Bocah Bekasi Mengadu ke Presiden Jokowi Tak Mampu Lanjut Sekolah

Infobekasi.id – Seorang anak melaporkan teman-teman seusianya tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMP di Bantargebang kepada Presiden Joko Widodo viral di media sosial.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Uu Saeful Mikdar angkat suara adanya video tersebut. Ia menilai hal itu merupakan kepedulian warga Kota Bekasi terhadap teman-temanan dan dirinya sangat mengapresiasi.

Uu Saeful Mikdar berharap seluruh lulusan SD di 12 Kecamatan juga dapat melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri atau swasta.

Khusus untuk lulusan Siswa SD se-Kecamatan Bantargebang berjumlah 1638 anak dengan persentase kelulusan 100 persen dari total 26 SD terdiri dari 17 SD Negeri dan 9 SD Swasta.

Sementara daya tampung sekolah SD Negeri berjumlah 1083 siswa kelas 7 yang telah masuk di SMP 27, 31, 49 dan USB 59 serta yang bersekolah di 7 SMP Swasta yang berada di Kecamatan Bantargebang.

“Jadi kalau melihat data diatas rasanya kurang tepat apabila ada ribuan siswa tamatan SD di Bantar gebang yang tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMP,” papar Uu Saeful Mikdar.

Lantaran daya tampung SMP Negeri terbatas, bagi siswa yang lainnya bisa bersekolah di SMP Swasta dengan bantuan dari Pemerintah.

Ada tiga program dapat disalurkan untuk pembiayaan pendidikan di sekolah swasta yakni dari Bantuan Operasional Sekolah Pusat (BOSP) dari dana APBN, BOSDA dana APBD Pemkot Bekasi dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari APBD Pemkot Bekasi.

Selain itu terdapat bantuan Beasiswa Banduan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada siswa SMPS Bantargebang sebesar Rp 2.400.000/siswa/tahun.

“Ini merupakan tambahan khusus untuk siswa kurang mampu di Bantargebang melalui bantuan DKI,” jelasnya.

Adapun rinciannya Hak siswa di SMP Swasta di Kota Bekasi:
1. BOSP [APBN] : 1.190.000 / tahun
2. BOSDA [APBD]: 25.000 /Siswa /bulan
3. BSM [APBD] : 150.000/siswa/Bulan

“Artinya jika digabung, biaya sekolah di swasta per bulan sudah dapat subsidi sekitar 275.000 per bulan,” pungkasnya.

Editor  : D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini