Pilek Pada Anak Usia 1 Tahun? Cobalah Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

Pilek adalah masalah umum yang sering dialami oleh anak-anak, terutama pada usia balita seperti 1 tahun. Infeksi virus yang menyebabkan pilek dapat menyebabkan hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk, dan demam ringan.

Pilek pada anak usia 1 tahun dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi para orangtua, karena anak-anak pada usia ini belum dapat menggunakan obat-obatan tertentu. Anda bisa konsultasi dengan dokter di KlikDokter untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Kabar baiknya ada banyak cara alami yang dapat dicoba untuk membantu mengatasi pilek pada anak usia 1 tahun. Dalam artikel ini akan membahas beberapa cara mengatasi pilek pada anak 1 tahun secara alami.

 

Atur Ruangan Supaya Hangat dan Lembap

Salah satu cara alami untuk mengatasi pilek pada anak usia 1 tahun adalah dengan menciptakan ruangan yang hangat dan lembap.

Udara yang kering dapat membuat saluran pernapasan anak menjadi lebih tersumbat, sehingga menciptakan lingkungan yang lembap dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Anda dapat menggunakan humidifier atau menggantung handuk yang basah di dekat tempat tidur anak untuk meningkatkan kelembapan udara. Selain itu, pastikan juga suhu ruangan tetap hangat agar anak merasa nyaman.

Gunakan pakaian yang sesuai dengan suhu ruangan untuk mencegah anak kedinginan. Jika perlu, Anda dapat menambahkan selimut atau kaus kaki ekstra saat anak tidur agar tubuhnya tetap hangat.

 

Sering Memberikan ASI atau Susu Formula

Pada usia 1 tahun, ASI atau susu formula masih menjadi sumber nutrisi utama bagi anak. Ketika anak mengalami pilek, sering memberikan ASI atau susu formula dapat membantu menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik.

Cairan hangat juga dapat membantu meredakan tenggorokan yang kering akibat batuk. Selain itu, ASI atau susu formula mengandung nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga tubuhnya dapat melawan infeksi dengan lebih efektif.

Jika anak tidak memiliki nafsu makan yang baik karena pilek, tetapi masih mau menyusu, Anda tidak perlu khawatir karena ASI atau susu formula akan memberikan asupan gizi yang cukup.

 

Banyak Istirahat

Memberikan anak cukup waktu untuk istirahat sangat penting dalam membantu tubuhnya melawan infeksi pilek. Pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya dan berikan kesempatan untuk beristirahat di siang hari jika ia merasa lelah.

Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan mempercepat proses pemulihan. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat atau menyita banyak energi agar tubuh anak dapat fokus untuk melawan virus penyebab pilek.

Berikan anak kesempatan untuk bermain di lingkungan yang nyaman dan aman, sehingga ia dapat beristirahat dengan tenang dan merasa lebih baik.

 

Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat dapat membantu meredakan pilek pada anak usia 1 tahun. Anda dapat menyiapkan air hangat untuk mandi anak atau duduk di ruangan yang beruap untuk membantu melembapkan saluran pernapasan dan meredakan hidung tersumbat.

Pastikan air mandi tidak terlalu panas dan selalu awasi anak saat ia berada di dekat uap hangat. Anda juga dapat menciptakan uap hangat secara khusus dengan menggunakan humidifier atau vaporizer yang dapat menghasilkan uap hangat di dalam ruangan.

 

Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Jika anak mengalami hidung tersumbat akibat pilek, Anda dapat mencoba membersihkan hidungnya dengan menggunakan larutan air garam.

Campurkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat, lalu teteskan beberapa tetes larutan ini ke dalam hidung anak dengan menggunakan pipet atau alat semprot hidung khusus untuk anak-anak.

Garam memiliki sifat osmotik yang membantu menarik lendir dan cairan berlebih keluar dari saluran pernapasan, sehingga membantu meredakan hidung tersumbat.

Membersihkan hidung dengan air garam sebaiknya dilakukan secara perlahan dan hati-hati, terutama pada anak usia 1 tahun yang sensitif. Jika anak merasa tidak nyaman atau menolak prosedur ini, jangan dipaksakan

 

Jaga Kebersihan Tangan

Kebersihan tangan adalah langkah yang penting untuk mencegah penyebaran infeksi virus yang menyebabkan pilek.

Pastikan Anda dan semua anggota keluarga selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum berinteraksi dengan anak. Selain itu, ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan benar, terutama setelah bermain di luar atau sebelum makan.

 

Tetap Bermain dan Aktivitas Ringan

Meskipun anak sedang mengalami pilek, tetap memberikan kesempatan untuk bermain dan beraktivitas ringan sangat penting untuk menjaga semangatnya.

Aktivitas ringan seperti bermain di dalam rumah atau bermain dengan mainan yang tidak menyebabkan kelelahan dapat membantu menjaga anak tetap aktif dan bahagia selama proses pemulihan.

 

Hindari Paparan Asap Rokok

Asap rokok mengandung berbagai bahan kimia berbahaya yang dapat merusak saluran pernapasan anak dan melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

Anak-anak, terutama yang berusia 1 tahun, memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, sehingga lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi akibat asap rokok.

Jika Anda atau anggota keluarga merokok, pastikan untuk tidak merokok di dalam rumah atau di dekat anak, terutama ketika ia sedang mengalami pilek. Asap rokok dapat membuat gejala pilek anak menjadi lebih parah, seperti hidung tersumbat, batuk, dan demam.

Selain itu, paparan asap rokok juga dapat meningkatkan risiko infeksi pernapasan yang lebih serius, seperti bronkitis atau pneumonia.

 

Konsultasikan dengan Dokter Jika Perlu

Jika pilek pada anak usia 1 tahun tidak kunjung membaik setelah beberapa hari atau gejalanya semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan saran yang tepat untuk mengatasi pilek pada anak.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini