Komisi II DPRD Kota Bekasi Desak Langkah Antisipasi Kekeringan dan Banjir

Infobekasi.co.id – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi mendorong Pemerintah Kota Bekasi untuk segera mengambil langkah-langkah antisipasi guna menghadapi potensi kekeringan selama musim kemarau dan banjir yang dapat terjadi saat musim penghujan mendekati.

Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Ahmad Ustuchri, menyatakan bahwa salah satu langkah yang dapat diambil oleh pemerintah adalah menyiapkan sumur air di berbagai lokasi yang dapat digunakan oleh masyarakat saat terjadi kekeringan. Selain itu, pemerintah juga dapat bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk menyiapkan mobil tangki air guna memasok pasokan air ke rumah-rumah warga jika kekeringan benar-benar terjadi.

“Kami mendorong pemerintah daerah dan Dinas Lingkungan Hidup untuk segera mengambil tindakan antisipatif mulai dari penyediaan sumur hingga mobil tangki air yang dapat bekerjasama dengan PDAM,” ujar Ahmad Ustuchri.

Tak hanya menghadapi kekeringan, Pemerintah Kota Bekasi juga perlu siap menghadapi potensi banjir yang dapat timbul saat musim penghujan. Beberapa upaya perlu dilakukan, seperti pengerukan saluran air besar seperti kali, pematusan, dan normalisasi saluran air di area pemukiman dengan membersihkan sampah yang dapat menyumbat.

“Langkah-langkah antisipasi harus dijalankan ganda. Selain kekeringan, kita juga perlu bersiap menghadapi musim hujan,” tambahnya.

Ahmad Ustuchri juga berharap agar Pemerintah Kota Bekasi dapat meningkatkan jumlah alat berat yang dapat digunakan untuk normalisasi dan pengerukan saluran air yang terkena pendangkalan atau penyumbatan oleh sampah. Ia mengusulkan untuk lebih mengutamakan perawatan dan normalisasi pada saluran-saluran yang sudah ada daripada membangun saluran baru yang memerlukan biaya besar.

“Lebih baik merawat dan melakukan normalisasi pada saluran yang sudah ada daripada membangun saluran baru dengan biaya mahal. Kami akan mendorong agar Pemerintah Kota Bekasi meningkatkan jumlah peralatan berat untuk pekerjaan ini,” tutup Ahmad Ustuchri.

Advertorial DPRD Kota Bekasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini