Apakah Kita Sudah Merdeka?

infobekasi.co.id – Hari ini masyarakat seluruh Indonesia merayakan kemerdekaan, HUT RI ke 78. Terlihat bendera merah putih berjejer di sepanjang jalan dan depan rumah.

Dulu, para pejuang mengangkat senjata dan bambu runcing bergerila dari satu kampung ke kampung, dari satu wilayah ke wilayah, demi Indonesia merdeka.

Kini, Indonesia sudah berumur 78 tahun kemerdekaan itu sudah diraih dengan jerih payah pengorbanan dan berkat Tuhan yang Maha Esa. Lantas, apakah kita sudah benar-benar merdeka secara lahir batin?

Merdeka secara fisik mungkin sudah dirasakan. Kemerdekaan secara ekonomi, pendidikan dan kemapanan hidup yang menjadi PR saat ini. Merdeka dari diskriminasi ras, suku, agama dan kesempatan masa depan.

Sebab itu generasi milenial, harus pandai mengisi kemerdekaan dengan membuang rasa malas, apatis, intoleran, stop tawuran, anarkis, singkirkan segala toxic, manja (ketergantungan hidup). Pupuk dan genjot terus etos kerja, agar semangat tidak kendor meraih cita-cita.

Mengutip kata bijak Najwa Shihab, Anak muda, mari kita ubah. Orientasi tak terjebak gaya hidup materi. Hidup jujur sederhana, menolak jalan instan, menghalalkan segala cara.

Yuk, bangkit anak muda. Nasib bangsa dan negara selanjutnya ada di tangan kalian.

Dirgahayu Indonesia, terus melaju untuk Indonesia maju !

(Deros.D.Rosyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini