Pemkot Bekasi Bangun Saluran Pipa untuk Air Baku Perumda Tirta Patriot

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat akan membangun saluran pipa untuk air baku produksi Perumda Tirta Patriot. Dengan begitu, perusahaan yang ditugaskan pemerintah daerah melayani air bersih tak lagi bergantung dengan air Kali Bekasi yang kerap tercemar.

Adapun anggaran yang disiapkan senilai Rp 35 miliar dalam bentruk bentuk penyertaan modal dari APBD Kota Bekasi tahun 2024. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan pemerintah bakal mengurangi ketergantungan pemakaian air baku dari Kali Bekasi dengan memakai air Kalimalang.

“Kami akan memasang pipa untuk meningkatkan produksi,” kata Tri Adhianto, Jumat sore, 15 September 2023.

Hampir 40 ribu keluarga sejak tiga hari ini mengalami krisis air bersih imbas pencemaran Kali Bekasi. Produksi air bersih terganggu bahkan sampai mandek akibat air baku bersumber dari Kali Bekasi berwarna hitam pekat, beraoma tidak sedap.

Pemasangan pipa dengan kapasitas 500 liter/detik bakal menyodet dari proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Jatitulur I di Jalan Juanda. Saluran model pipa lebih efektif, dibandingkan dengan saluran model irigasi.

“Memang masih membutuhkan waktu, anggaran juga menunggu tambahan yang nanti ditetapkan yang terhormat (DPRD),” kata Tri, menyebut proses pekerjaan perpipaan butuh waktu sekitar tiga sampai empat bulan.

Direktur Utama Perumda Tirta Patriot Ali Imam Faryadi mengatakan, kapasitas 500 liter/detik baru memenuhi kebutuhan produksi harian untuk 40 an ribu pelanggan di Bekasi Utara dan Medansatria.

Meskipun ada tambahan suplai dari saluran pipa, suplai dari Kalimalang lewat Bendung Palanta masih dibuka dengan kapasitas 2 meter kubik/detik. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan produksi harian cukup aman tanpa bergantung air baku dari Kali Bekasi.

“Ini adalah solusi permanen, berkat dukungan Pak Wali Kota,” kata Ali. (adv/humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini