Jajal Kereta Cepat ‘Whoosh’, ke Bandung Cuma 45 Menit

Infobekasi – Kereta Cepat Jakarta – Bandung yang disebut ‘Whoosh’ merupakan kereta tercepat pertama di Asia Tenggara yang mempunyai kecepatan sampai 350 km/jam dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar.

Salah satu penumpang membagikan perasaannya setelah menaiki Kereta Cepat proyek milik PT. KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) yang tetap terasa nyaman meskipun kecepatannya mencapai 349 km per jam.

“Nyaman banget, udah gitu tadi pas kecepatannya cepat pun dalam keadaan 349 km/jam tetap nyaman, karena kebetulan aku juga bekerja di industri transportasi kereta jadi menurutku oke sih, nyaman, dan bersih,” ucap Maysita saat berbincang dengan tim Infobekasi pada Kamis, (28/09/2023)

Tidak perlu khawatir dengan tingkat kecepatan yang cukup tinggi, kereta tetap terasa nyaman dan aman. Seperti yang disampaikan oleh seorang ibu rumah tangga asal Jakarta yang ikut serta dalam uji coba kereta cepat yang dibuka untuk umum.

“Yang dibilang cepat itu tidak yang mengkhawatirkan. Kan ada orang yang sama kecepatan takut gitu ya (phobia), nah ini ngga, tetap nyaman, oke, oke banget,” kata seorang penumpang asal Jakarta yang tak ingin disebut namanya (28/09/2023).

Adapun Kereta Cepat Whoosh ini mempunyai delapan gerbong kereta yang terdiri dari tiga kelas, antara lain first class berada di gerbong satu dan gerbong delapan, business class di gerbong tujuh, dan sisanya adalah kelas ekonomi premium.

First Class dilengkapi dengan 18 kursi berwarna abu-abu yang disusun 2-1. Sedangkan, Business Class menawarkan 28 kursi berwarna merah, diatur dalam susunan 2-2, sementara kelas ekonomi premium memiliki 55 tempat duduk dalam susunan 3-2. Setiap kursi di semua kelas dapat diputar menghadap ke depan.

Tidak hanya itu, fasilitas yang diberikan pun lengkap dapat ditemukan seperti stop kontak, meja lipat, serta toilet yang dirancang khusus untuk mendukung pengguna dengan kebutuhan khusus. Terdapat pula kafetaria atau kantin yang disediakan untuk penumpang.

Kereta cepat ini akan berhenti pada empat stasiun, diantaranya ialah Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Namun, saat uji coba kereta cepat hanya berhenti di stasiun Tegalluar, karena stasiun lainnya masih dalam tahap proses pembangunan.

Kendati demikian, sebagian penumpang menyayangkan stasiun Kereta Cepat ini yang tidak langsung sampai ke Kota Bandung, terlebih dengan tarifnya yang dikabarkan sekitar seharga Rp 250.000 – Rp 300.000 rupiah.

“Kalau lagi buru-buru emang enak sih, hemat waktu, tapi kalau bisa harganya kurangi lagi,” ucap seorang peserta uji coba Kereta Cepat.

“Menurutku Kereta KAI pun sudah cukup nyaman, cuman ini karena poin plusnya cepet banget, jadi kalau anggarannya kurang lebih 200K-300K kalau kita emang orang yang buru-buru, worth it sih, karena nyaman juga, bagus juga,” lanjut Maysita yang merupakan salah satu staff dari LRT Jakarta.

Sementara itu, peresmian Kereta Cepat Whoosh atau Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal rencananya akan diresmikan pada Senin, 2 Oktober 2023.

“Jadi tanggal 2 Oktober ada beberapa keputusan yang penting di situ. Pertama, logo akan diumumkan. Dan kita juga sudah tahu namanya Whoosh,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di acara Hub Space di JCC, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Reporter: Zahara Agisti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini