DPRD Kota Bekasi Minta Pemerintah Fokus Atasi Banjir di 73 Titik

Infobekasi.co.id – Komisi II DPRD Kota Bekasi meminta pemerintah fokus menanggulangi bencana banjir yang semakin meluas. Berdasarkan catatan pemerintah yang dilaporkan ke lembaga legislatif, jumlahnya mencapai 73 titik.

“Pemda harus konsen pada anggaran APBD itu bisa mengacu mengentaskan 73 ttik banjir di Kota Bekasi,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Bekasi, Arief Rahman Hakim, Kamis, 23 November 2023.

Ada dua karakteristik banjir di Kota Bekasi. Antara lain banjir akibat meluapnya Sungai Bekasi yang berdampak pada permukiman penduduk di bantaran sungai tersebut. Banjir ini cenderung jika ada kiriman air dari hulu melalui Sungai Cikeas atau Cileungsi.

“Tentu penanganannya harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, karena kewenangan Sungai Bekasi ada di BBWSCC,” kata Arief. Ia mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilaksanakan berkaitan dengan penanggulangannya, seperti penguatan tanggul di beberapa titik.

Sementara itu, banjir kedua disebabkan hujan lokal. Artinya, jika intensitas hujan di Kota Bekasi tinggi lebih dari dua jam, sejumlah permukiman yang berada di dataran rendah berpotensi banjir. Misalnya di Rawalumbu ada Perumahan Taman Narogong Indah dan lainnya.

“Solusnya perbanyak polder air dan perbaiki saluran air,” kata dia.

Ia mengatakan, anggaran infrastuktur saluran termasuk yang cukup tinggi dialokasikan dari APBD Kota Bekasi setiap tahun. Soalnya, berkaitan dengan pelayanan dasar pemerintah kepada masyarakat.

“Maka kita berharap Pj Wali Kota Bekasi untuk bisa memberikan arahan kepada OPD (organisasi perangkat daerah) terkait berkenaan dengan persiapan menghadapi musim hujan yang kemungkinan bisa memberikan banjir di Kota Bekasi,” kata Arief. (advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini