DPRD Kota Bekasi Dorong Pemerintah Bangun BLK untuk PMKS

Infobekasi.co.id – Komisi IV DPRD Kota Bekasi memberikan dorongan kepada pemerintah setempat untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) khusus bagi para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayah tersebut. Langkah ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan gelandangan dan pengemis di Kota Bekasi.

“Kalau bisa seperti balai latihan kerja (BLK), sehingga mereka tidak menjadi seorang pemalas,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo, Jumat, 24 November 2023.

BLK, selain berfungsi sebagai tempat pelatihan khusus secara gratis, juga dapat dijadikan sebagai tempat tinggal sementara. Saat ini, baru terdapat Balai Milik Kementerian Sosial di Bulak Kapal, Bekasi Timur, dan rumah singgah yang sifatnya hanya untuk singgah sementara di Padurenan, Mustikajaya milik Pemerintah Kota Bekasi.

PMKS di Kota Bekasi menjadi perhatian masyarakat karena jumlahnya terus meningkat. Salah satu fenomena terkini adalah keberadaan pengemis yang berdandan badut. Mereka dapat ditemui dengan mudah di titik-titik keramaian dan dianggap membuat tidak nyaman masyarakat.

“Persoalan ekonomi menimpa semua orang, ketika menghadapi situasi sulit, mereka cenderung seperti itu,” papar Heri Purnomo.

Oleh karena itu, Heri Purnomo menekankan pentingnya keterlibatan serius pemerintah daerah dalam penanganan PMKS di Kota Bekasi. Ia sepakat dengan penambahan anggaran untuk program penanganan PMKS, baik itu untuk pembangunan infrastruktur maupun pembinaan.

“Dalam menangani PMKS di Kota Bekasi, pemerintah harus mempertimbangkan peningkatan anggaran, baik untuk infrastruktur maupun pembinaan,” tandasnya.

Komisi IV DPRD Kota Bekasi berharap langkah-langkah ini dapat memberikan solusi konkret dan berkelanjutan terhadap permasalahan PMKS, sehingga warga Kota Bekasi dapat hidup lebih layak dan bermartabat. (advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini