DPRD Kota Bekasi Soroti Fenomena Pengemis Berdandan Badut

Infobekasi.co.id – Komisi IV DPRD Kota Bekasi menyoroti fenomena pengemis dengan berdandan badut di Kota Bekasi. Lembaga legislatif ini meminta dinas sosial setempat untuk menertibkannya karena menggangu kenyamanan masyarakat.

“Kita lihat di beberapa wilayah di Kota Bekasi itu, banyak PMKS ini memang mengganggu warga masyarakat, Bapaknya, ibunya, anaknya jadi badut semua, jadi mengganggu,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo, Jumat, 24 November 2023.

Beberapa kasus yang disoroti oleh Komisi IV adalah kehadiran pengemis badut yang secara bergantian menghampiri masyarakat yang sedang menikmati makan di rumah makan di pinggir jalan. Heri Purnomo menyatakan bahwa hal ini mengganggu kenyamanan warga dan meminta Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi untuk segera menertibkannya.

“Mereka gak satu-dua orang, bergantian mereka, ngecrek. Jadi kita minta Dinsos untuk menertibkan itu,” katanya.

Heri Purnomo juga mengamati bahwa tidak semua pengemis badut berasal dari warga Kota Bekasi. Beberapa kasus menunjukkan bahwa pengemis berdandan badut yang terjaring razia diberikan edukasi dan ketrampilan, tetapi karena alasan pragmatis, mereka kembali turun ke jalan.

“Mereka biasanya mendapatkan yang mudah dan kemudian kerja serius, agak bertentangan mereka, maunya mereka pragmatis, mereka turun ke jalan, mereka dapat uang,” ungkapnya.

Dalam keterangannya, Heri Purnomo meminta agar Dinsos bertindak tegas terhadap fenomena ini. Ia mengakui bahwa fasilitas untuk pembinaan masih kurang, dan berharap Pemerintah Kota Bekasi serius menganggarkan dana yang cukup untuk menanggulangi masalah ini.

“Kita akui memang fasilitas untuk pembinaan masih kurang, kita berharap Pemkot serius menganggarkan anggaran yang cukup, saya lihat tidak memadai, padahal ini menolong atau memanusiakan manusia,” pungkasnya (advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini