Eka Hospital Sosialisasi Perawatan Kaki Diabetes

Infobekasi.co.id – Eka Hospital Bekasi mengadakan Health Talk dengan fokus perawatan kaki diabetes, menghadirkan narasumber dr. I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi.

Seiring peringatan hari diabetes bulan November, acara ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat dan dokter rekanan serta memperkenalkan kembali Foot Care Clinic, bagian dari layanan unggulan Diabetes Connection Care di Eka Hospital Group.

“Hospital Director Eka Hospital Bekasi, dr. Elizabeth, menyampaikan fokus edukasi perawatan kaki diabetes untuk masyarakat, dokter di sekitar, dan dokter rekanan,” ungkapnya pada acara Health Talk, Kamis (28/11).

Diabetes Connection Care Eka Hospital Bekasi didirikan resmi pada tahun 2022 di bawah kepemimpinan Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo. Tim dokter spesialis multidisiplinnya bekerja sama dengan tim dokter spesialis endokrin untuk menangani berbagai masalah yang muncul akibat penyakit diabetes, termasuk perawatan luka kaki diabetes.

Prof. Sidartawan menyoroti bahwa komplikasi sering terjadi pada kaki diabetes, dan penanganannya memerlukan perhatian khusus. Tim dokter Diabetes Connection Care bekerja bersama tim bedah (vascular, ortopedi, rekonstruksi), dan spesialis jantung pembuluh darah untuk merawat luka tersebut dan mencegah amputasi.

Narasumber, dr. I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, menjelaskan bahwa penyakit kaki diabetes mencakup kelainan bentuk hingga risiko amputasi. Faktor gula darah dan pembuluh darah menjadi penentu kunci. Pasokan darah yang terganggu bisa menyebabkan luka yang sulit sembuh, terutama pada pasien yang tidak mengontrol gula darah dengan baik.

“Deteksi dini penting untuk mencegah amputasi pada pasien kaki diabetes. Pasien sebaiknya segera memeriksakan luka kepada dokter,” katanya menegaskan.

Diabetes Connection Care, sebagai pusat layanan unggulan Eka Hospital, dipimpin oleh Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FINASIM, FACE. Pusat ini menyediakan perawatan kaki diabetes yang komprehensif dengan melibatkan tim dokter spesialis konsultan diabetes endokrinologi dan dokter konsultan bedah vaskular. Pendekatan ini bertujuan mengendalikan gula darah, mengontrol infeksi melalui perawatan luka, dan memperbaiki pembuluh darah dengan dukungan tim dokter spesialis gizi klinik, saraf, jantung, dan lainnya untuk berkolaborasi dalam menangani pasien. Tim dokter Diabetes Connection Care bekerja sama dengan dokter spesialis bedah vaskular untuk merawat luka dan mencegah amputasi tungkai kaki.

Editor: Adi T

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini